Hari Hutan Sedunia, GMKI Palangka Raya Lakukan Aksi Tanam Pohon

Berita Sampit
TANAM POHON : IST/BERITA SAMPIT - Pengurus dan Anggota GMKI Cabang Palangka Raya, menanam pohon bersama, Sabtu 21 Maret 2020. 

PALANGKA RAYA – Hutan menutupi sepertiga dari massa daratan Bumi, melakukan fungsi vital di seluruh dunia. Sekitar 1,6 miliar orang termasuk lebih dari 2.000 budaya asli bergantung pada hutan untuk mata pencaharian mereka, obat-obatan, bahan bakar, makanan, dan tempat tinggal.

Hutan adalah ekosistem yang paling beragam secara biologis di darat, rumah bagi lebih dari 80% spesies hewan, tumbuhan, dan serangga darat.

Pada 21 Maret 2020 hari Hutan se dunia sebagai upaya untuk merayakan dan membangkitkan kesadaran akan pentingnya semua hutan dalam kehidupan umat manusia.

Momentum ini juga menjadi perhatian Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Palangka Raya Melalui bidang Aksi dan Pelayanan melakukan Penanaman pohon disekitar Student Center (SC) GMKI Cabang Palangka Raya sebagai wujud cinta dan aksi nyata dalam menjaga dan merawat lingkungan dan hutan.

BACA JUGA:   Semaraknya Buka Puasa Bersama di Masjid Agung Kecubung Darurrahman Kota Palangka Raya

Beberapa jenis Pohon yang ditanam yaitu Jelutung/Pantung, Tanjung, dan Cempedak. Pohon ditanam oleh pengurus BPC GMKI Palangka Raya beserta pengurus Komisariat yang ada di lingkungan GMKI Palangka Raya, yang unik dari aksi ini adalah semua yang menanam pohon bertanggung jawab atas tumbuh kembang pohon nya masing-masing.

Klinton Sihombing Sekertaris Fungsi Aksi Dan Pelayanan BPC GMKI Palangka Raya menyampaikan ucapan  terimakasih kepada para kader GMKI yang turut serta melakukan aksi walaupun dalam kondisi Tanggap darurat mengenai virus Corona Covid-19 tetapi tetap memberanikan diri untuk turun menanam pohon.

“Selain momentum hari hutan sedunia ini kita juga di wajibkan menanam sebanyak 25 pohon selama hidup dan ini nanti yang akan menutupi dampak hutan yang terdegradasi dan lahan yang di deforestasi,” ujar Klinton Sihombing. Sabtu, 21 maret 2020.

BACA JUGA:   Tim LKPD Laksanakan Paparan Analitis Guna Meyakini Keandalan Informasi

Sementara Ketua Cabang GMKI Palangka Raya Alfrid Dody menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai ungkapan syukur terima kasih kita kepada Tuhan sang pencipta dan tugas manusia adalah turut serta dalam upaya  menjaga hutan agar tetap terjaga.

“Hutan ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa bagi kita, tanpa hutan kita akan kekurangan oksigen maka melakukan hal-hal kecil seperti menanam pohon menjaga oksigen tetap terjaga, seperti Alkitab katakan setia pada perkara-perkara kecil akan setia pada perkara-perkara besar” ujar Dody.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada youact kalimantan yang telah membantu dalam pengadaan bibit pohon untuk GMKI Palangka Raya tanam di Pekarangan SC GMKI Palangka Raya.

(NA/berita Sampit.co.id)