Berikut Protokol Isolasi Mandiri, Cara Mencegah Penularan Covid-19

Petugas kesehatan : IST/BERITA SAMPIT - Petugas Kesehatan Puskesmas Sukamara mengkampanyekan isolasi mandiri selama Mewabahnya Covid-19.

SUKAMARA – Kepala UPTD Puskesmas Sukamara, Dr Anggasari meminta masyarakat yang baru tiba di Kabupaten Sukamara untuk mengisolasi secara mandiri di rumah berdasarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI.

Dr Angga menerangkan setiap warga yang sedang melakukan isolasi mandiri selalu memakai masker dan membuang masker bekas ke tempat yang telah ditentukan.

Jika sakit (ada gejala demam, batuk, flu) maka tetap di rumah, jangan bekerja, sekolah, ke pasar atau ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.

Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien Covid-19.

Selama di rumah, bisa bekerja dari rumah, gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, jaga jarak satu meter dari anggota keluarga.

Lakukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi serta tempat tidur.

Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta lakukan etika batuk dan bersin.

Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur dibawah sinar matahari setiap pagi kurang lebih 15-30 menit.

Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak nafas dan demam tinggi untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

“Pihak puskesmas Sukamara juga telah menyiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi oleh masyarakat,” terang Angga. (enn/beritasampit.co.id)