Warga Karang Taruna Harus Berperan Aktif Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19

Istimewa. Abdul Hafid

SAMPIT – Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Abdul Hafid, mengimbau warga Karang Taruna untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang hidup bersih dan sehat serta bersatu padu dalam pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Ini bukan kerja pemerintah saja, tapi juga merupakan kerja kita semua. Untuk warga Karang Taruna, mari kita berikan edukasi dan informasi kepada masyarakat, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” imbaunya, saat dibincangi Berita Sampit, Selasa 24 Maret 2020.

Menurut Hafid, selain memberikan edukasi tentang hidup bersih dan sehat, edukasi dan informasi dari pihak yang berkompeten seperti gugus tugas yang dibentuk oleh pemerintah dipandang sangat diperlukan.

BACA JUGA:   Berkali-kali Dianggap Ingkar Janji, Masyarakat Lakukan Aksi Panen Massal Terus Bertambah

Pasalnya, masih ada sebagian dari lapisan masyarakat yang kurang memahami dan mengetahui informasi yang berkembang.

“Giatkan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak panik namun waspada dan berikan pemahaman tentang Covid-19, baik tentang apa itu social distancing, pemakaian hand sanitizer, serta penyemprotan disinfektan di beberapa titik fasilitas umum yang saat ini dilakukan oleh petugas gabungan dari gugus tugas diberbagai wilayah di Kalteng,” imbuhnya.

Ditambahkannya, sebagai pemuda, inilah saatnya berperan aktif dalam masyarakat dan berperan serta membantu pemerintah serta peduli pada situasi yang sedang terjadi, seperti mengurangi berpergian ke luar kota/daerah.

BACA JUGA:   Srikandi PKB Asal Kotim Pertahankan Kursi di DPRD Provinsi Dapil Kotim-Seruyan

Kemudian, menjaga jarak dan mengurangi berada di tempat-tempat kerumunan yang dimungkinkan riskan terdampak hingga kondisi normal kembali atau adanya arahan dan imbauan dari pemerintah.

“Sebagai pemuda khususnya warga Karang Taruna kita harus ikut berperan sebagai relawan membantu upaya-upaya tersebut dengan aktif meningkatkan aksi sosial sesuai bidang keahlian yang dimiliki, sebagai upaya turut mengurangi dan meminalisir penyebaran Covid-19 di Kalteng,” tutupnya.

(jun/beritasampit.co.id)