Hadapi Covid-19, Sugianto Sabran Pesan 2 Juta Masker

HARDI/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (Tengah) sedang menunjukan APD Kepada Awak Media, Kamis 26 Maret 2020.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengambil langkah cepat dalam penanganan virus corona atau Covid-19. Setelah mendapatkan bantuan 2.000 Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, kini Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran memesan 2 juta masker.

Masker tersebut untuk mengantisipasi lonjakan warga yang terdampak dari virus corona atau Orang Dalam Pemantauan (ODP), “Kita sudah memesan 2 juta masker, untuk antisipasi,” katanya kepada wartawan usai menerima APD di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kamis 26 Maret 2020.

BACA JUGA:   Mengenal Lebih Dekat Desa Bangun Sari yang Jadi Sasaran Program TMMD Kodim Palangka Raya

Sugianto mengatakan, hingga saat ini ODP di Kalimantan Tengah terus meningkat termasuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), “Ini jumlahnya meningkat dan yang positif sudah empat orang,” katanya.

Orang nomor satu di Kalimantan Tengah ini mengakui, stok masker yang ada saat ini mencukupi. Hanya saja itu diperuntukkan bagi tenaga medis dan orang yang sakit, “Tapi kita tetap melakukan antisipasi dengan memesan 2 juta masker untuk masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dr Suyuti Syamsul mengatakan, kalau sejatinya masker digunakan untuk tenaga medis dan orang sakit, “Kalau dibagikan ke masayarakat tidak akan cukup,” katanya.

Yang paling penting kata dr Suyuti adalah menerapkan pola hidup sehat seperti sering mencuci tangan, “Itu saja, rajin cuci tangan dan menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat,” tegasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).