Pemkab Barsel Akan Serentak dan Massal Semprot Disinfektan

PEMERIKSAAN PASUKAN : IST/BERITA SAMPIT - Sekda Barsel Eddy Purwanto yang didampingi Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi, saat memeriksa pasukan sekaligus cek kesiapan perlengkapan.

BUNTOK – Komando Distrik Militer (Kodim) 1012 Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel), bersama Pemerintah Daerah (Pemda) setempat serta Unsur terkait menggelar Apel Kesiapan Penanganan Covid-19, Selasa, 24 Maret 2020 dihalaman Makodim 1012 Buntok.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel Eddy Purwanto yang dihadiri Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi SE. M.I.Pol, Kabag Ops Polres Barsel, Kadishub Barsel, Kasat Pol PP dan Damkar, BPBD Barsel, Kodim 1012 Buntok, Polres Barsel serta seluruh unsur terkait.

Eddy Purwanto kepada beritasampit.co.id usai kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk mengantisipasi akan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Barsel.

“Oleh karena itu, salah satunya dengan membentuk Tim dan Satgas Penanganan Covid-19 dan Alhamdulillah pada hari apel gelar pasukan bersama seluruh satuan yang ada di Kabupaten Barsel berjalan dengan lancar,” katanya.

BACA JUGA:   Begini Kesiapan MTQ Tingkat Provinsi Kalteng di Barsel

Dikatakan Eddy, selain terbentuknya gugus tugas yakni Tim dan Satgas Penanganan Covid-19 Pemda Barsel bersama Tim yang ada juga telah membuat dan memfungsikan Posko Pemantauan yang berada dibeberapa titik di kota Buntok dan sekitarnya.

“Adapun fungsi, dibangunnya Posko Pemantauan tersebut adalah untuk memantau pendatang luar daerah yang masuk maupun yang keluar daerah. Jadi, ada beberapa titik Posko Pemantauan yang sudah kita siapkan,” bebernya.

Katanya, pada tanggal 26-28 Maret 2020 ini bersama Tim dan Satgas Penanganan Covid-19 akan melakukan penyemprotan secara serentak dan massal di kota Buntok dan sekitarnya, adapun sasaran penyemprotan tersebut diantaranya adalah fasilitas publik.

BACA JUGA:   Ketua DPD II Golkar Barsel, Ucapkan Selamat ke Petahana

Selain itu juga, fasilitas yang melayani masyarakat seperti Kantor Pemda, Kantor TNI/Polri serta Instansi Vertikal juga dilakukan penyemprotan untuk mengantisipasi akan penyebaran virus Corona.

“Walaupun, beberapa waktu lalu juga sudah dilakukan penyemprotan di rumah ibadah dan total ada 38 rumah ibadah yang telah dilakukan penyemprotan,” terang Eddy Purwanto.

Lebih lanjut Eddy menambahkan, untuk saat ini Kabupaten Barsel masih dalam Zona Kuning, mudah-mudahan, kata dia, tidak meningkat ke Zona Merah sehingga diharapkan akan menjadi Zona Hijau.

“Makna hijau tersebut, lebih clear and clear dan mudah-mudahan harapan kita bersama ini terkabulkan oleh sebab itu mohon do’a seluruh masyarakat Barsel semoga ujian ini akan cepat berlalu,” tukas Eddy Purwanto. (Ded/beritasampit.co.id).