Pemkab Serentak dan Masif Antisipasi Covid-19 Selama 3 Hari

APEL : IST/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas saat memimpin apel di halaman kantor BPBD Katingan, Kamis 26 Maret 2020.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, pimpin pelaksanaan apel dalam rangka penangganan dan pencegahan wabah penyakit Covid-19 di Kabupaten Katingan, dihalaman kantor Badan Penanggupangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, Kamis 26 Maret 2020.

Turut hadir, Wakapolres Katingan, Perwira Penghubung 1015 Sampit Kasongan, Danramil 1015-13 Katingan Hilir, Kepala dinas Kesehatan Katingan, Kepala Satpol PP Katingan, Kepala Pelaksana BPBD Katingan, Perwakilan organisasi kemasyarakatan, dan pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Sakariyas menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya apel ini adalah dalam rangka persiapan antisipasi penyebaran perkembangan wabah virus corona dan kesiapan dalam upaya Pencegahan Penyebaran Penyakit Pheneumonia yang disebabkan oleh Virus Corona dengan melakukan tindakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengambil langkah-langkah deteksi dini dan pencegahan.

“Mengingat berbahayanya virus ini demi keberlangsungan hidup manusia, khususnya di wilayah Kabupaten Katingan, maka pada hari ini tiga hari ke depan kita akan melaksanakan antisipasi penyebaran Covid-19 atau Virus Corona secara masif dan serentak di seluruh wilayah Kabupaten atau Kota untuk sterilisasi lingkungan. Untuk wilayah Kota Kasongan dan sekitarnya yaitu akan dilaksanakan kegiatan sterilisasi/penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pencegahan pada tanggal 26-28 Maret 2020,” jelas Sakariyas.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Hadiri Safari Nyepi dalam Mewujudkan Umat Beragama Harmonis

Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan penanganan pencegahan Covid-19 dengan langkah-langkah secara efetif akan melibatkan ASN, TNI dan Polri serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi.

Sasaran penyemprotan disinfektan meliputi fasilitas umum, bangunan kantor-kantor, sarana ibadah, sekolah dan sebagainya yang sering didatangi oleh orang banyak.

“Untuk setiap SOPD Kabupaten Katingan diharapkan dapat secara mandiri melakukan sterilisasi penyemprotan desinfektan secara berkala, baik di dalam maupun di luar bangunan serta halaman perkantoran masing-masing,” tegasnya.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Gelar Operasi Keselamatan Telabang 2024 dengan Cara Unik

Kemudian, menurut Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini, untuk pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 dapat juga melalui kegiatan sederhana, namun disiplin yaitu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, mencuci tangan secara rutin menggunakan dusinfektan/sabun dengan air mengalir, dan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun di tempat-tempat umum seperti pasar, kantor-kantor, rumah ibadah dan lain-lain.

“Kemudian, menjaga kebersihan rumah, tempat kerja, fasilitas umum dan tempat ibadah secara rutin menggunakan penyemprotan desinfektan, dan menjaga kesehatan dengan cara berolah raga secara rutin dan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta mengelola stress dengan baik agar tidak menurunkan daya tahan tubuh,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).