Setiap Tempat Berpotensi Menjadi, Penyebaran Virus Covid-19

Mario Aan.

BUNTOK – Camat Dusun Selatan (Dusel) Mario Aan menyebutkan, berkenaan dengan status Siaga Darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) yang paling penting adalah menyamakan persepsi kepada setiap orang.

Bahwa pada saat ini, setiap orang dan setiap setempat punya potensi untuk menjadi media penyebaran dan penularan virus Covid-19 atau virus Corona.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini diharapkan perlunya dukungan dari semua pihak baik dari Masyarakat, Pemerintah Daerah dan pelaku usaha.

“Untuk bersama-sama, mendukung kegiatan ini dengan cara menjalankan semua arahan Pemerintah kepada masyarakat,”kata Mario Aan saat ditemui diruang kerjanya Kamis, 26 Maret 2020.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Dikatakannya, sesuai maklumat Kapolri antara lain saran-saran dari pemerintah agar kiranya kita bisa mengurangi sebanyak mungkin menghadiri acara-acara yang bersifat mengumpulkan orang banyak.

“Hal tersebut juga, sesuai dengan maklumat Kapolri serta Surat Edaran Bupati Barsel,” terang Mario Aan.

Menurut Mario Aan, untuk Pemerintahan Desa (Pemdes) sesuai surat yang sudah kami terima dari Pemerintah Pusat bahwa desa juga harus menyikapi situasi penyebaran virus corana ini yakni dengan menganggarkan lewat Dana Desa (DD).

“Hal ini, juga sudah kami sampaikan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) di seluruh wilayah Kecamatan Dusel agar kiranya mereka memasukan dalam APBDes untuk penanganan permasalahan ini,” jelasnya.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Lebih lanjut Mario Aan menambahkan, untuk tindak lanjutnya kami persilahkan kepada Kades untuk berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Barsel supaya anggaran yang mereka masukan ke APBDes sesuai dengan keperluan untuk mengatasi darurat virus corona ini di Desa.

Kemudian, ia juga sudah menyampaikan imbauan-imbauan kepada Lurah dan Kades untuk meneruskan ini kepada masyarakat apa saja hal yang harus dilaksanakan terkait pencegahan virus corona di Kecamatan Dusel.

“Dengan harapan, semoga saja di wilayah Kecamatan dan Kabupaten Barsel pada umumnya akan cepat terbebas dari wabah virus corana ini,” pungkas Mario Aan.

(Ded/beritasampit.co.id)