Aksi Sosial, Bersatu Melawan Virus Corona

BERSATU : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Aksi sosial melawan penyebaran virus corona telah digaungkan di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim, Kalteng, Jumat 27 Maret 2020.

SAMPIT – Guna melakukan pencegahan meluasnya wabah virus corona hingga kepelosok, membuat sejumlah aksi sosial mulai bermunculan. Salah satunya di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Mereka bersatu melawan virus yang telah melanda dunia.

Namun, aksi yang dilakukan sementara ini hanya sebatas penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum. Misalnya, masjid, kantor kecamatan, kantor desa dan Puskesmas Teluk Sampit.

“Kami melakukan aksi sosial bersama kepala desa ujung pandaran beserta perangkatnya, anggota Pospol, Danpos Ramil, tim Puskesmas dan dibantu ketua RT/RW serta masyarakat,” ucap Camat Teluk Sampit Juliansyah kepada wartawan beritasampit.co.id, Jumat 27 Maret 2020.

Mengambil momentum Jumat Berkah, aksi sosial penyemprotan fasilitas umum itupun dilakukan serentak. Karena jumlah peralatan terbatas, sehingga tidak semua yang hadir bisa membantu penyemprotan disinfektan.

“Sesuai kesepakatan bersama, hari ini (Jumat) kami melakukan penyemprotan ke beberapa masjid dan Puskesmas Teluk Sampit,” ujar Juliansyah yang juga pernah menjabat Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan pada DPMD Kotim ini.

Sebelumnya, lanjut Juliansyah, pihaknya sudah melakukan aksi sosial dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke musala dan sekolah yang ada di Desa Ujung Pandaran.

“Kami bersatu melawan penyebaran virus corona, tujuannya agar wabah itu tidak menyebar masuk diwilayah kecamatan dan Desa Ujung Pandaran pada umumnya,” kata Juliansyah.

Sementara itu, Kepala Desa Ujung Pandaran Aswin Nur menambahkan, gerak cepat melakukan pencegahan penyebaran wabah virus corono hingga ke Desa Ujung Pandaran, karena ada surat imbauan baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan maklumat Polri.

“Kami sarankan kepada masyarakat kurangi aktifitas di luar rumah, jaga kesehatan rutin cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, hindari jabatan tangan atau kontak langsung, itu semua demi memutus tali rantai penyebaran virus corona,” sarannya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada warga desa terkait wabah virus corona. Bahkan, melibatkan langsung tim Puskesmas Teluk Sampit.

“Mudah-mudahan dengan dilakukannya penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum mampu mencegah meluasnya virus corona hingga ke Desa Ujung Pandaran. Kami melawan virus corona,” tegasnya. (ifin/beritasampit.co.id).