Dengan Jaga Jarak, Masjid Darul Arqam Palangka Raya Tetap Laksanakan Salat Jumat

AUL/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng, Muhammad Yamin Mukhtar.

PALANGKA RAYA – Sebagai upaya pencegahan Covid-19, pemerintah sudah mengeluarkan imbauan untuk sementara waktu meniadakan salat Jumat di masjid, tetapi dilaksanakan dengan salat Dzuhur dirumah masing-masing .

Namun, Warga Muhammadiyah tetap melaksanakan salat Jumat di Masjid Darul Arqam yang terletak di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, jalan RTA Milono Palangka Raya Kalimantan Tengah (Kalteng).

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng, Muhammad Yamin Mukhtar mengatakan, “Kita tetap melaksanakan salat Jumat pada hari ini,” ujarnya saat ditemui Jumat, 27 Maret 2020.

BACA JUGA:   BEM UPR Dukung Kejari Palangka Raya Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Pascasarjana

“Dan ini bukan berarti kita tidak mematuhi imbauan pemerintah, tapi kita punya alasan untuk tetap melaksanakan salat Jumat. Sedangkan tadi jemaah kita cukup untuk melaksanakan salat Jumat,” jelas Yamin.

Namun, para jemaah salat Jumat tetap mengikuti anjuran untuk menjaga jarak, “tadi waktu pelaksaanaan kita atur jarak jemaah agar tidak berdekatan seperti Shaf salat Jumat pada umumnya,” ucap Yamin di Kantor PWA Muhammadiyah Kalteng.

Selain itu, di masjid juga disediakan sabun dan hand sanitezer dan semua kapret yang biasa dipakai untuk salat tidak digunakan, “Makanya kita minta Jemaah untuk membawa sajadah masing-masing,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Rapat Koordinasi TORA, Nuryakin Berharap Ada Rumusan Menata Kembali

Disampaikan Yamin, kurang lebih 50 orang yang mengikuti salat Jumat dan sebagian besarnya adalah warga Muhammadiyah, “Dan saya sendiri yang bertindak selaku Khatib sekaligus Imam,” tegas Yamin

Dirinya juga meminta kepada seluruh warga Muhammadiyah Kalteng untuk mendoakan virus corona ini bisa berlalu. (Aul/beritasampit.co.id).