Pertama Kalinya, Salat Jumat Diganti Salat Zuhur di Masjid Al-Istiqlal Puruk Cahu

Berita Sampit
IST/BERITA SAMPIT - Masjid Al-Istiqlal Kota Puruk Cahu.

PURUK CAHU – Pencegahan menjadi upaya utama mengantisipasi penularan virus corona atau COVID-19, yang kasusnya terus mengalami peningkatan. Salah satu tindakan preventif adalah mengganti salat Jumat dengan Zuhur sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menyikapi hal tersebut, Pertama kalinya salat Jumat diganti dengan salat zuhur, di Masjid Al- Istiqlal, Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya (Mura), Jumat, 27 Maret 2020.

“Iya mas, saya baru tahu setelah sampai di masjid Al- Istiqlal ternyata ada tulisan di pintu masuk kalau salat jumat diganti dengan salat zuhur,” Kata Romadi jemaah yang ingin melaksanakan salat jumat.

BACA JUGA:   Peran Mahasiswa dalam Menangkal Terorisme dan Radikalisme

Dari pantauan Beritasampit.co.id di lokasi jemaah berdatangan ingin melaksanakan ibadah salat jumat. Namun, sebagian jemaah memilih untuk pulang,  dan sebagian jemaah tetap melaksanakan salat zuhur.

Sebelumnya, pada Kamis malam 26 Maret MUI Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah mengeluarkan surat imbauan bahwa di wilayah Kalteng saat ini telah ada kasus positif tertular virus Corona (Covid-19) dan terus mengalami kenaikan, sehingga dikhawatirkan menjadi wabah yang tidak terkendali.

BACA JUGA:   Satgas JPH Kemenag Kalteng Sosialisasi Kampanyekan Wajib Halal Oktober

Sehingga, MUI Mengimbau kepada umat Islam di Kalteng, terutama wilayah dimana penyebaran Covid-19 berpotensi tidak terkendali, untuk mengganti salat Jumat menjadi salat zuhur dirumah masing-masing.

(LULUS/beritasampit.co.id)