Jumlah ODP di Kobar 92 Orang, PDP 2 Orang

Achmad Rois Juru Bicara Pemkab Kobar

PANGKALAN BUN – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Kotawaringin Barat mengalami peningkatan. Sampai dengan tanggal 27 Maret 2020, jumlah ODP capai 92 orang dan tersebar di semua Kecamatan se-Kobar, Kecamatan Pangkalan Lada paling tertinggi terdapat ODP yakni berjumlah 38 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kobar Achmad Rois selaku juru bicara Covid-19 saat dikonfirmasi, Sabtu 27 Maret 2020, mengatakan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kini tengah dirawat dalam ruangan Isolasi ada 2 orang PDP, keduanya berasal dari Kabupaten Kobar yakni dari Kelurahan Raja dan Kelurahan Madurejo.

“Sampai saat ini ada dua orang PDP yang masih di rawat dalam ruang isolasi Rumah Sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun, keduanya dari Kecamatan Arut Selatan, sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan berjumlah 92 orang yang tersebar di semua Kecamatan Se Kobar, awalnya Kecamatan Kotawaringin Lama tidak ada dan kami berharap bisa bertahan, ternyata muncul satu ODP di desa Sukamulya,” kata Rois.
Dari Enam Kecamatan se-Kobar lanjut Rois, Kecamatan Pangkalan Lada paling tertinggi terdapat ODP mencapai 38 orang yang tersebar di 7 desa yakni desa Purbasari terdapat 2 ODP, Sumber Agung 4 ODP, Sungai Rangit 4 ODP, Makarti Jaya 4 ODP, Sungai Melawen 14 ODP, Pandu Sanjaya 6 ODP dan desa Kadipi Atas 4 ODP.

Lanjut Rois, untuk Kecamatan Arut Selatan terdapat 15 ODP dan 2 orang PDP, Kecamatan Kumai ada 28 ODP tersebar di 11 desa, Kecamatan Pangkalan Banteng ada 4 ODP, Kecamatan Arut Utara ada 6 ODP dan Kecamatan Kotawaringin Lama ada 1 ODP.

“Semakin banyak kita temukan ODP ini semakin baik hal itu menandakan petugas Puskesmas kita telah melaksanakan tatanan tindakan pencegahan dini, karena semua petugas Puskesmas di Intruksikan untuk terus memantau, dan kesehatan ODP ini pun dalam pemantauan petugas kesehatan di Puskesmas wilayah masing masing, jika muncul gejala klinis Covid-19 maka langsung di rujuk ke Rumah Sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun, ” terang Achmad Rois.

(man/beritasampit.co.id)