BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

GELOMBANG TINGGI : JMY/BERITA SAMPIT - BMKG Kotim memperkirakan 24 jam sejak tanggal 30 Maret 2020 di daerah perairan Kalimantan Tengah (Kalteng) bagian Timur ketinggian gelombang mencapai 0.2 – 0,5 meter.

SAMPIT – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi (BMKG) stasion bandara udara H Asan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Memperkirakan bahwa ketinggian gelombang hingga 1 April 2020 mendatang masih dalam kategori sedang.

“Untuk para pelayar masih aman untuk melakukan pelayaran. Saat ini gelombang masih dalam kategori sedang, namun sudah ada peringatan ketinggian gelombang agar para pelayar selalu berhati-hati dan memastikan ketinggian gelombang sebelum melakukan pelayaran,” ungkap prakiraan BMKG Kotim, Ferry Oktarisa, Senin 30 Maret 2020

800

Dia juga menyebutkan, maksimal ketinggian gelombang 2,5 meter masih di kategorikan sedang. Gelombang yang termasuk dalam kategori sedang berdasarkan jenis kapal yang harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

BACA JUGA:   Satlantas Polres Kotim Tingkatkan Patroli Ditengah Pandemi Covid-19

“Sedangkan untuk Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m),” terangnya.

Diperkirakan 24 jam sejak tanggal 30 Maret 2020 di daerah perairan Kalimantan Tengah (Kalteng) bagian timur ketinggian gelombang mencapai 0.2 – 0,5 meter.

BACA JUGA:   Eksekutif Anggarkan Rp 60 M Penanganan Covid-19, DPRD Minta Rinciannya

Sedangkan untuk informasi perawanan citra satelit cuaca menunjukkan ada pertumbuhan awan hujan di wilayah Kotim terutama di Kecamatan Bukit Santuai, Antang Kalang, Telaga Antang, Tualan Hulu, Mentaya Hulu dan Parenggean.

“Untuk daerah Kotim diperkirakan ketinggian gelombang pada tanggal 31 Maret 2020 pukul 13.00 WIB yaitu 0,5 – 2,0 meter dan pukul 19.00 WIB yaitu 0,5 – 2,5 meter,” tutupnya

Berdasarkan pantauan dari data satelit Himawari arah angin dominan dari Barat Daya hingga Barat Laut menuju Timur Laut hingga Timur.

(jmy/beritasampit.co.id)