Desa Bapanggang Raya Gunakan 4 Armada Angkut 4.400 Liter Air Disinfektan

TOLAK VIRUS CORONA : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Tim relawan desa dan perusahaan bersatu tolak penyebaran virus corona masuk ke Desa Bapanggang Raya.

SAMPIT – Memutuskan tali rantai penyebaran virus corona yang dilakukan Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), tidak tanggung-tanggung. Pasalnya, pemerintah desa langsung mengerahkan 4 armada mengangkut 4.440 liter untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

“Ada empat pikap yang kami kerahkan untuk keliling desa, tujuannya melakukan penyemprotan disinfektan kerumah-rumah warga maupun fasilitas umum seperti pasar desa, masjid dan musala,” ucap Penjabat Kepala Desa Bapanggang Raya Aswat saat ikut rombongam keliling desa, Senin 30 Maret 2020.

Empat pikap itu, kata dia, difungsikan untuk mengangkut air sekitar 4.400 liter menggunakan 4 tandon air, peralatan semprot serta bahan baku dan beberapa tim relawan desa dan dibantu tim perusahaan yang operasional di Desa Bapanggang Raya.

“Aksi sosial ini bakal rutin kami adakan terutama setiap Senin dan Kamis sampai kondisi dinyatakan oleh pemerintah benar-benar aman,” kata Aswat yang juga menjabat Kepala SDN 5 Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang ini.

Terlaksananya aksi sosial penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona, menurutnya, selain menggunakan peralihan dana desa juga tidak lepas dari partisipasi PT Wilmar Nabati Indonesia yang beroperasional di Desa Bapanggang Raya.

“Atas nama pemerintah desa, kami ucapkan terima kasih partisipasi pihak perusahaan yang ikut peduli untuk memutus tali rantai penyebaran virus corona terutama di Desa Bapanggang Raya,” ujar Aswat.

Senada diungkapkan Kepala Operasional Bolking PT Wilmar Nabati Indonesia Hasyim As’ari. Pihak perusahaan menyambut baik program desa karena mengambil langkah cepat mengantisipasi penyebaran virus corona masuk desa, bahkan perusahaan berpartisipasi dengan cara penyemprotan disinfektan.

“Kami menyambut baik bahkan kami dari pihak perusahaan juga telah melakukan langkah antisipasi, kami menyediakan tempat cuci tangan bahkan bilik untuk penyemprotan disinfektan kepada para sopir dan pekerja yang masuk perusahaan,” ujar Hasyim saat ikut memantau aksi sosial penyemprotan disinfektan. (ifin/beritasampit.co.id).