Kapolda Kalteng Pantau Bilik Antiseptik Aman Nusa II Ditsamapta Cegah Covid-19

AFR/Berita Sampit - Kapolda Kalteng Saat melakukan peninjauan Bilik Antiseptik Ditsampata di Jalan Yos Sudarso Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Banyaknya masyarakat yang saat ini salah persepsi terkait dengan cairan disinfektan yang tidak bisa digunakan untuk menyemprot manusia. Padahal cairan disinfektan ini terdiri beberapa macam jenis yaitu ada yang bisa digunakan untuk manusia dan ada juga digunakan untuk benda.

Dalam hal ini Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Ilham Salahudin, meninjau langsung tenda Bilik Antiseptik yang disediakan oleh Ditsamapta Polda Kalteng di bilangan Jalan Yos Sudarso, depan Pos Terpadu Lalu Lintas dekat Bundaran Besar Kota Palangka Raya. Selasa, 31 Maret 2020 Pagi.

800

Dalam kesempatan tersebut, terlihat Kapolda Kalteng sesekali ikut memberikan arahan untuk pengendara yang melintas memasuki bilik antiseptik Aman Nusa II Ditsamapta Polda Kalteng dalam mencegah virus corona (coved 19) di Kota Palangka Raya agar secara bergantian.

BACA JUGA:   Update Covid-19 Katingan :  Status ODP Bertambah 1 Orang, OTG, PDP dan Status Positif Tidak Ada Perubahan

Ditempat yang sama Dir Samapta Polda Kalteng Kombes Pol Susilo Wardono, melalui Wadir Samapta AKBP Timbul RK Siregar menjelaskan bahwa bahan yang digunakan didalam bilik antiseptik menggunakan bahan yang aman.

“Berdasarkan hasil diskusi dengan para Dokter yang kompeten ahli farmasi dari Pusdokkes, berkaitan dengan penggunaan bilik disinfektan (Bilik Antiseptik) untuk penyemprotan ke tubuh manusia dalam rangka pencegahan virus corona atau covid-19 telah disampaikan petunjuk dan arahan bahwa penggunaan istilah bilik disinfektan, tetapi yang tepat yaitu bilik antiseptik,” jelas Wadir Samapta AKBP Timbul RK Siregar.

Selanjutnya juga dikatakan bahwa, larutan disinfektan adalah bahan pembunuh bakteri dan virus yang digunakan pada permukaan benda mati, seperti meja, kursi, gagang pintu, pegangan tangga. Adapun jenis disinfektannya antara lain :

BACA JUGA:   Kementan Akan Garap Lahan Gambut di Kalteng, Teras Narang Ingatkan Agar Masyarakat Mengawasi

– Klorin

– Kaporit

– Alkohol

– H2O2 (Hidroxi PerOxida)

Sedangkan untuk larutan antiseptik adalah bahan pembunuh bakteri dan virus yang dapat dan aman digunakan di tubuh manusia. Adapun jenisnya adalah :

– Chloroxylenol

– Pofidone Iodine

– Chlorexidine

– Antibacterial dye

– Peroxide dan permanganate

– Turunan halogenated phenol

– Alkohol dg konsentrasi 60%-70%.

Wadir Samapta AKBP Timbul RK Siregar juga mengimbau pada masyarakat jangan mudah termakan pemberitaan yang setengah-setengah, karena dalam situasi tanggap darurat virus corona atau Covid-19 ini kita perlu banyak mengetahui informasi dari berbagai sumber yang bisa dipercaya.

(AFR/beritasampit.co.id)