Semua Murid di Kobar Akan Dapat Seragam Gratis di Bulan Juli

IST/BERITA SAMPIT - Kartono Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di tahun ajaran 2020 ini akan membagikan seragam gratis bagi seluruh murid baru, untuk murid Sekolah Dasar (SD) baru masuk baik negeri dan swasta sebanyak 5.125 murid.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, Rosehan Pribadi melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Kartono mengatakan, jika pada tahun-tahun sebelumnya pembagian seragam gratis ini hanya untuk murid baru dari keluarga yang tidak mampu, tetapi di tahun ini ada peningkatakan murid baru baik dari keluarga tidak mampu dan mampu pun akan mendapatkan bantuan seragam gratis.

“Berdasarkan Instruksi Ibu Bupati dimana beliau meminta agar semua murid baru harus mendapatkan bantuan seragam gratis, untuk murid tingkat Sekolah Dasar baik negeri dan swasta ada 5.125 murid yang tersebar di 200 sekolah lebih, dan ibu Bupati pun telah mengingatkan agar pembagian seragam gratis ini harta tepat waktu, sehingga kami pun merubah sistem dalam pengerjaannya,” kata Kartono, dikofirmasi Rabu 1 April 2020.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Buka Pasar Wadai, H. Budi Santosa : Sebentar Lagi Akan Digelar Pasar Murah Ramadan

Kartono menjelaskan untuk jenis seragam gratis tidak ada perubahan, setiap murid baru akan mendapatkan 3 stel seragam gratis yakni seragam merah-putih, seragam pramuka dan seragam batik. Pembagiannya diperkirakan Bulan Juni-Juli 2020.

“Anggaran untuk 3 stel seragam itu sebesar Rp 600.000/muridnya, dan murid baru tetap akan menerima dalam bentuk seragam jadi, sehingga kami pun menyampaikan permohonan maaf jika ukurannya nanti tidak sesuai tetapi tidak sampai kekecilan,” ujar Kartono.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Kobar: Penyerahan Laporan Keuangan Kepada BPK Berdasarkan PPU Wajib Dilaksanakan Seluruh Pemda

Lanjutnya, berdasarkan hasil evaluasi dan hasil rapat dengan tim anggaran untuk pengadaan seragam gratis ditahun ini akan dipecah dalam pengerjaannya, sehingga nantinya ada yang PL (Penunjukan Langsung) dan ada yang proses lelang.

“Pembagian seragam gratis ini kan sudah dua tahun berjalan, kami pun mengevaluasi pada saat pendistribusian selalu diakhir tahun, sehingga di tahun 2020 ini berubah sistem pengerjaannya dibagi beberapa rekanan sehingga cepat dan dapat dipastikan pada bulan Juli semua murid baru sudah menerima 3 stel seragam gratis,” imbuh Kartono.

Dimana menurutnya, pengerjaan seragam gratis di tahun ini akan dikerjakan oleh rekanan per Kecamatan sehingga dapat dipastikan tidak ada keterlambatan pembagian seragam gratis di tahun 2020. (man/beritasampit.co.id).