684.395 Pelanggan PLN di Kalsel dan Kalteng Dapatkan Keringanan Tagihan

Istimewa - Pelanggan PLN Kalselteng sebanyak 684.395 Pelanggan PLN mendapatkan keringanan pembayaran.

SAMPIT – Dalam sebuah unggahan di isntagram @plnkalselteng, menyebutkan bahwa seluruh pelanggan di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng). Mendapatkan keringanan pembayaran di tengah pandemi virus corona.

Tertulis, menyusul kebijakan presiden PLN langsung menjalankan langkah taktis untuk melaksanakan kebijakan Presiden Joko Widodo dalam kaitannya untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi. Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

800

Sementara untuk pelanggan pra bayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir, pelanggan yang terlanjur membeli token, token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan.

BACA JUGA:   Jelang Ramadhan, Sugianto-Agustiar Siap Bagikan Paket Sembako Gratis Untuk Masyarakat

Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng), Syamsu Noor mengatakan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah bersifat nasional, itu artinya Pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi dengan daya 450 VA dan 900 VA di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah juga akan menerima pembebasan dan diskon tagihan listrik yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Kebijakan tersebut berlaku secara nasional, Pelanggan PLN di Kalsel dan Kalteng yang berhak menerima bantuan Pemerintah tersebut tentu akan mendapatkan haknya secara menyuluruh dan berkeadilan berdasarkan data Pelanggan yang ada pada sistem kami,” ujarnya.

BACA JUGA:   Mudik Saat Pandemi Covid-19 Dinilai Berpotensi Berikan Mudarat Lebih Besar

Berdasarkan data yang dihimpun dari PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng), jumlah Pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi di Provinsi Kalimantan Selatan dengan daya 450 VA ada sebanyak 423.255 Pelanggan dan daya 900 VA 84.807 Pelanggan. Sedangkan di Provinsi Kalimantan Tengah, Pelanggan daya 450 VA berjumlah 141.174 Pelanggan dan daya 900 VA ada sebanyak 35.159 Pelanggan.

“Total ada sebanyak 684.395 pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi di Kalsel dan Kalteng yang akan menerima pembebasan dan diskon tagihan listrik dari Pemerintah selama 3 bulan,” pungkas Syamsu.

Sementara itu, pihak PLN cabang Sampit masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat terhadap mekanisme hal tersebut.

(jmy/beritasampit.co.id)