Desa Rawa Sari Kembangkan RT/RW Net

INTERNET : IST/BERITA SAMPIT - Pengelolaan internet RT/RW sebagai salah satu kebutuhan warga Desa Rawa Sari diera digitalisasi. 

SAMPIT – Pemerintah Desa (Pemdes) Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), telah membentuk unit usaha RT/RW Net sebagai langkah menjadikan internet sebagai kebutuhan masyarakat desa.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Rawa Sari Sigit Pranoto. Nantinya usaha RT/RW Net tersebut, menurutnya, akan dikelola pihak ketiga bersama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

800

“Karena kebutuhan akan internet bagi masyarakat besar dan masih kurangnya SDM, maka pengelolaannya saat ini bermitra dengan pihak ketiga,” ujarnya.

BACA JUGA:   Jelang Ramadan, Pemkab Sukamara Gelar Rakor Bahas Rumah Ibadah Jalankan Sosial Distancing

Ditambahkannya, bahwa infrastrukturnya sudah dibangun oleh desa, yang nantinya diserahkan kepada Bumdes untuk dikelola lebih lanjut.

“Agar bisa dirasakan manfaatnya lebih luas lagi oleh masyarakat, maka pengelolaannya akan kami serahkan kepada pihak ketiga melalui Bumdes,” ucap Sigit.

Pengembangan internet desa, lanjutnya, agar masyarakat bisa menikmati jaringan internet yang lebih murah.

Selain internet desa, Pemdes juga akan menata administrasi secara digital. Masyarakat dapat melihat dan mencetak datanya secara mandiri, sehingga menciptakan masyarakat melek TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi).

BACA JUGA:   Gubernur : Pelaksanaan PSBB Harus Humanis

“Kami sudah menyiapkan sistemnya, tinggal penerapannya,” akunya.

Sementara itu, Pimpinan CV Berita Sampit Multimedia Agung Suryo Putra mengatakan, sebagai pihak ketiga yang dipercaya mengelola sedang mempersiapkan segala sesuatunya.

“Kami sudah menyiapkan MoU yang tidak merugikan semua pihak dan menjalin kerja sama dengan pihak provider agar dapat akses internet unlimited murah dan dapat dijual kembali,” kata Agung.

(ifin/beritasampit.co.id)