Katingan Kuala siapkan 2 Posko Covid-19, Camat: Warga Baru Datang Wajib Lapor

POSKO:- IST/BERITA SAMPIT -  Petugas Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Katingan Kuala saat melakukan pemeriksaan beberapa warga yang baru datang dari daerah luar.

KASONGAN – Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Katingan Kuala telah menyiapkan dua Posko untuk mengantisipasi penyebaran wabah penyakit Corona yang penyebarannya begitu cepat itu.

Posko pertama berlokasi di halaman UPTD Puskesmas Pegatan 1 Kelurahan Pegatan Hilir dan Posko kedua di halaman UPTD Puskesmas Pegatan 2 berlokasi di Desa Jaya Makmur Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan.

Camat Katingan Kuala, H Suryanto mengatakan dua Posko tersebut disiapkan berdasarkan hasil koordinasi dengan jajaran terkait. Guna untuk mengantisipasi lonjakan warga yang datang dari beberapa daerah luar terutama daerah yang termasuk dalam zona merah.

BACA JUGA:   Rumah Warga di Kasongan Disatroni Maling Saat Lagi Sepi

“Setiap pendatang, wajib memeriksakan dirinya ke posko tersebut, karena kita tidak ingin kecolongan, adanya warga yang berpotensi membawa wabah penyakit Corona dari luar daerah,” terang H Surya kepada wartawan usai melakukan pemantauan warga pendatang, Jumat, 03 April 2020.

Selain itu, jelasnya, disiapkannya Posko tersebut juga dalam rangka persiapan seandainya ada hal-hal mendesak lainnya yang berhubungan dengan Covid-19. Seperti diketahui, tambah Camat, diliburkannya beberapa sekolah atau lembaga pendidikan akibat Covid 19 ini menjadi salah satu sebab banyaknya warga yang pulang kampung.

BACA JUGA:   Jelang Buka Puasa, Pj Bupati Katingan Blusukan ke Pasar Ramadan

“Mereka mungkin ingin kumpul bersama keluarga, namun kita tidak tahu, apakah mereka aman atau tidak. Makanya, perlunya adanya Posko untuk mereka yang baru datang tersebut agar memeriksakan diri,” jelas Camat yang akrab dipanggil H Surya ini.

Ia berharap, warga yang baru datang dari daerah luar, apalagi dari daerah zona merah, dengan kesadarannya melaporkan diri ke posko-posko yang sudah ditetapkan.

“Sejak disiapkannya Posko itu, sudah ada beberapa orang yang baru datang dari daerah luar yang memeriksakan diri, sejauh ini masih aman,” ujarnya.

(Muy/beritasampit.co.id)