Peduli Covid-19, Rektor IAIN Palangka Raya Bantu Mahasiswa dan Masyarakat Ekonomi Sulit

PENGARAHAN : ARIS/BERITA SAMPIT – Dr H Khairil Anwar (Kiri) selaku Rektor IAIN Palangka Raya saat memimpin rapat bersama Dr Sadiani (Kanan) selaku Ketua Satgas Covid-19

PALANGKA RAYA – Di tengah kondisi pandemi virus covid-19 yang melanda tanah air, banyak masyarakat terutama kalangan ekonomi menengah ke bawah yang terpuruk.

Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya dan terpaksa menutup usahanya, bahkan uga yang diberhentikan dari pekerjaannya.

Melihat kondisi demikian, Dr H Khairil Anwar selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya merasa terpanggil dan bertindak cepat membantu masyarakat.

Melalui rapat kordinasi Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 IAIN Palangka Raya yang digelar pada Jumat, 03 April 2020 pagi tadi, pihaknya juga melakukan serangkaian aksi dalam waktu dekat ini.

“Target kita adalah mahasiswa kurang mampu, baik yang berasal dari Kota Palangka Raya atau luar daerah, serta seluruh pramubakti, baik cleaning service, satpam dan petugas apapun yang ada disini kita bantu,” ujar Khairil.

Khairil menambahkan jika bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang berisikan bahan kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, minyak goreng, telur, gula dan lainnya.

“Untuk para relawan di Satgas nanti juga kita bekali dengan vitamin, susu beruang, buah-buahan dan makanan bergizi lainnya, agar tetap sehat dan semangat untuk melawan covid-19 ini,” tambah Khairil.

Diketahui pihaknya juga sedang mempersiapkan sejumlah peralatan untuk melindungi dan mensterilisasi kampus dari bahaya virus covid-19 atau biasa dikenal dengan virus corona ini.

“Kita adakan pengadaan barang untuk pembuatan bilik disenfektan, alat penyemprotan juga, agar setiap saat gedung yang ada bisa disterilkan dan APD untuk tim Satgas nanti kita belikan,” terangnya.

Pasca menggelar rapat kordinasi tersebut, pihaknya juga langsung terjun ke lapangan untuk memberikan sejumlah bantuan kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus yang membutuhkan.

“Bantuan ini amanah dari pihak kampus, karena ini dana patungan bersama, sementara yang bisa kami berikan tidak banyak dan semoga saja bermanfaat,” ujar Abdul Hamid saat menyerahkan bantuan.

BERBAGI : ARIS/BERITA SAMPIT – Abdul Hamid selaku Wakil Ketua SEMA IAIN Palangka Raya (Tengah) saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat

Hamid yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) IAIN Palangka Raya itu menjelaskan jika sinergitas antara pihak kampus dan mahasiswa adalah ciri majunya suatu lembaga.

“Terus bersinergi, saling mengisi dan melengkapi. Tidak selamanya roda itu di atas, ada saatnya ia turun. Makanya berbagi itu indah, karena ia menghadirkan senyuman dari orang yang diberi,” tutup Hamid.

(Aris/beritasampit.co.id)