Sering Cuci Tangan, Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19

Ist/BERITA SAMPIT - Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kotim, dr Faisal Novendra Cahyanto.

SAMPIT – Upaya mencegah penyebaran covid-19, melalui sosialisasi guna memberikan pemahaman ke masyarakat terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), selain memberlakukan imbauan jaga jarak, melarang adanya kerumunan warga serta cara-cara lainnya.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kotim, dr Faisal Novendra Cahyanto, menerangkan bahwa dari sejumlah negara yang  jadi perbandingan sangat cepat menekan penyebaran corona adalah singapura.

Cara yang diterapkan negara tetangga tersebut sangat sederhana, namun cukup efektif menekan penyebaran covid-19 di daerahnya, dan ini yang bisa menjadi contoh guna mencegah penyebaran covid-19 di Kotim.

BACA JUGA:   Menang Adu Penalti Antarkan SDN 1 Ketapang Juara Turnamen Mini Soccer

“Dari negara yang menjadi perbandingan  seperti cara Cina dan Amerika, Singapura menjadi salah satu negara yang bisa diambil cara mereka mencegah Corona ini, yakni hanya dengan membiasakan rakyatnya mencuci tangan, negara itu bisa menekan penyebaran virus corona,” terangnya, Sabtu 04 April 2020.

Meski tidak begitu sulit, namun cara melaksanakannya yang harus menjadi perhatian bersama, sebab Singapura masyarakatnya taat aturan pemerintah, dan juga disiplin, dan diharapkan di Kotim masyarakatnya juga bisa disiplin dengan membiasakan mencuci tangan.

BACA JUGA:   Peran Mahasiswa dalam Menangkal Terorisme dan Radikalisme

“Melalui tangan salah satu penularan virus ini, melalui jabat tangan, memegang sesuatu di tempat umum dan lainnya. Meski kita pakai masker, kita juga bisa tertular, seperti menggaruk wajah. Setidaknya sebelum melakukan aktivitas apapun, saya imbau biasakan jaga kebersihan dengan mencuci tangan,” pungkasnya.

(Cha/beritasampit.co.id)