‘Srikandi’ Kades Lalang, Kerahkan Warganya Cegah Covid 19

FOTO BERSAMA : Man/BERITA SAMPIT – Kades Lalang Kecamatan Kolam Nur Eliyah foto bersama depan Masjid, usai bersih-bersih dengan warganya.

PANGKALAN BUN – Dalam rangka percepatan Penanganan Pandemi Corona Virus disease (Covid 19) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), ‘Srikandi’ Kepala Desa (Kades) Lalang Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Nur Eliyah telah mengerahkan warganya untuk cegah Covid 19.

“Kita pun dipelosok desa jangan tinggal diam Pak, kita harus bersama-sama menghindari virus corona dengan bersih-bersih lingkungan,” kata Nur Aliyah saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya. Sabtu, 4 April 2020.

800

Menurutnya, jumlah Kepala Keluarga (KK) di Desa Lalang sebanyak  96 KK, dengan jumlah penduduk sebanyak 299 jiwa. Selama mencuatnya Covid-19 ini, pihak aparat desa bersama para tokoh tidak henti hentinya melakukan imbauan dan bersosialisasi kepada masyarakat tentang bahayanya Virus Corona.

BACA JUGA:   Pasien Positif Covid-19 di Kalteng Bertambah 30 Kasus, Ini Rincianya

“Kami bersatu melawan Covid-19, dengan cara mematuhi kebijakan yang diambil Pemerintah Daerah, dimana Setiap ada informasi dari Camat, kami pun langsung mensosialisasikan kepada masyarakat yang salah satunya agar melakukan penyemprotan cairan disinfektan di fasilitas umum juga rumah warga, ” ungkap Nur Eliyah.

Lanjutnya kegiatan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dilakukan secara gotong royong dan bagi warga yang rumahnya juga ingin di Semprot maka pihak desa akan lakukan penyemprotan dengan gratis. Karena pihak desa telah menyiapkan cairan disinfektan bagi warga yang rumahnya ingin di sterilkan.

BACA JUGA:   Forum PPM Berbagi 1.000 Paket Sembako untuk Warga

“Desa Lalang juga telah melaksanakan Instruksi Bupati dalam upaya pencegahan Covid-19 agar menyiapkan sarana untuk cuci tangan serta larangan melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dan warga juga untuk tetap dirumah jika tidak ada keperluan yang mendesak, semuanya sangat di patuhi oleh warga desa Lalang,” imbuh Nur Elijah.

Selain itu dia menambahkan, kepatuhan warga sangat membantu Pemerintah Daerah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Dimana pihak desa juga memantau jika ada warga yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, sampai sejauh ini belum ada warganya yang baru bepergian dari daerah terjangkit.

(man/beritasampit.co.id)