Tips Kesehatan : Hindari Makanan Penyebab Kegemukan

Ilustrasi/IST

Ada beberapa jenis makanan yang membuat anda gemuk. Jika anda tetap ingin mengkonsumsi makanan ini, gantilah dengan jenis yang rendah kalori dan bebas lemak, atau tidak terlalu sering. mengkonsumsinya.

Berikut 15 jenis makanan yang gampang membuat gemuk :

  1. Pure Kentang
800

Apalagi jika proses penggunaannya menggunakan krim dan mentega. bayangkan, 1/2 mangkuk saji saja sudah mengandung 200 kalori !

  1. Permen

Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu pula makanan sejenis seperti donat, cake dan bolu gulung.

  1. Es Krim

Meski kenikmatannya sangat mengundang, es krim merupakan sajian yang amat tinggi kandungan lemak, gula dan kalori.

  1. Keripik Kentang

Camilan yang gurih ini merupakan salah satu makanan yang paling berpeluang bikin gemuk karena kandungan garamnya sangat tinggi. Belum lagi kandungan lemak dan gulanya, sehingga total kalorinya tinggi.

  1. Daging Olahan

Kendati amat praktis, hot dog, sosis dan daging olahan sejenisnya, mengandung lemak tak baik. kadarnya yang begittu tinggi, sama banyak kadar garam  yang  dikandungnya.

  1. Jajanan Gorengan
BACA JUGA:   Siap-siap ! Penumpang Kapal Fery Kapuas yang Tidak Menggunakan Masker Disuruh Putar Balik

Makanan sejenis ini tidak baik bagi kesehatan karena umumnya menggunakan minyak yang tidak diganti setiap kali menggoreng. Kandungan lemaknnya juga sangat tinggi dan kurang terjamin kebersihannya jika dijajakan dipinggir jalan.

  1. Makanan Cepat Saji

Diantaranya hamberger, nachos dan kentang goreng. kandungan lemaknya sangat tinggi, begitu juga kandungan kalorinya. sementara kandungan nutrisi yang menyehatkan nyaris tidak ada.

  1. Minuman Bersoda

Meski mendatangkan kesearan sesaat, minuman ini sangat tidak memiliki nilai-nilai nutrisi. Kecuali, kaya akan gula, sadium, dan kalori.

  1. Sereal Manis

Sereal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, semakin menjadi ancaman bila bertemu dengan rasa manis dari gula. Makanan ini dapat menyebabkan  meningkatnya gula darah dan tubuh banyak menimbun lemak.

  1. Susu Whole Milk

Meskipun kandungan kalsiumnya sangat baik bagi tubuh, susu jenis ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yang akan menyebabkan timbunan lemak tubuh. Jadi, kalau ingin mengambil manfaat kalsiumnya, ganti saja dengan mengkonsumsi susu yang bebas lemak atau minimal yang sudah di kurangi kandungan lemaknya.

  1. Kuah Daging
BACA JUGA:   AWAS ! DAMPAK BURUK TELEVISI DAN GADGET PADA PSIKOLOGI ANAK

Kandungan lemak dan kabohidrat maupun kalorinya sama-sama tinggi.

  1. Roti

Terutama yang terbuat dari tepung yang sudah mengalami penghalusan, sehingga tinggi kandungan lemak dan karbohidratnya.

  1. Aneka Krim

Whipped cream yang sering dipakai sebagai penghias jus strobery dan dressing salad, semuanya mengandung lemak tinggi, dan akan menjadi kalori jika tercampur dengan makanan sehat anda.

  1. Mayones

Memiliki sekian banyak ikatan lemak didalamnya. Jadi, sebaiknya pakai sedikit saja jika anda menginginkan.

  1. Kopi Instan

Tahukah anda bahwa secangkir kopi instan mengandung lebih dari 39 lemak? Nah, kalau tidak mau tubuh anda jadi timbunan lemak, hitung secara cermat berapa jumlah kalori dari kopi instan yang masuk dalam tubuh.

(jun/berbagai sumber/beritasampit.co.id)