Dewan Siap Bahas Realokasi Anggaran Cegah Penyebaran Virus Corona di Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Fahrul Razi

KASONGAN – Kalangan Anggota DPRD Kabupaten Katingan mendukung langkah pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

Bahkan menurut, Wakil Ketua II DPRD Katingan Fahrul Razi pihaknya siap membahas realokasi anggaran cegah penyebaran virus corona di Katingan.

“Pada prinsipnya kami mendukung langkah pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19, apabila nantinya ada relokasi anggaran kami siap bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menangani penyebaran virus Corona,” tutur Fahrul Razi, saat menghadiri press release penaikan status tanggap darurat bencana Covid-19. Jumat, 10 April 2020.

Meski begitu, hingga sekarang pihaknya belum ada melakukan pembahasan soal realokasi anggaran.

“Mungkin sekarang pergeseran anggaran masih diranah eksekutif melalui OPD namun bila memang perlu pergeseran anggaran yang melibatkan DPRD kami siap bantu Pemerintah. Tujuannya kan untuk kita sama-sama menghadapi wabah virus Corona ini,” bebernya.

BACA JUGA:   Debit Air Mulai Turun, Warga Masih Ada yang Mengungsi

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Katingan merubah status siaga darurat bencana Covid-19 menjadi status siaga tanggap bencana darurat Covid-19.

Kenaikan status ini pasca diumumkannya salah satu warga Katingan yang dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya, penanganan pasien covid-19 disebut dengan pasien covid 2, berstatus PDP dan hasil laboratorium terkonfirmasi positif covid-19.

“ODP 26 orang, PDP 4 Orang dan 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19,” terang Bupati.
Untuk mencari dan memutus mata rantai penyebaran, Pemerintah akan melakukan beberapa langkah konkret.

Kita akan melakukan isolasi secara ketat, semua keluarga satu rumah serta mencari orang-orang yang pernah bersentuh langsung atau tidak langsung dengan Pasien positif dan juga akan dilakukan pemeriksaan rapid Tast,” terang Bupati.

BACA JUGA:   Tanggap Darurat Banjir di Katingan Selama 7 Hari

Selanjutnya bagi mereka yang minta melakukan isolasi mandiri secara ketat, Pemerintah daerah akan memberikan bantuan sembako selama 14 Hari.

Bupati juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada menghadapi wabah Corona ini.

“Saya meminta warga Katingan untuk tetap tenang dan waspada serta menjaga pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih, tetap ikuti arahan Pemerintah,” terang Bupati.

Terpisah, ketua Sekretariat Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga mengatakan, riwayat perjalan pasien tidak bepergian dari kota.

“Riwayat perjalanan pasien tidak pernah berpergian keluar kota tetapi diduga terinfeksi oleh pembawa virus,” singkatnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id)