Antisipasi Covid-19, Pelabuhan Kuala Pembuang Perketat Pemeriksaan Kapal

AHMAD/BERITA SAMPIT – Seorang Anggota TNI dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona atau Covid-19, saat melakukan penyemprotan pada kapal yang bersandar di Pelabuhan Kuala Pembuang. Rabu, 15 April 2020.

KUALA PEMBUANG – Gugus Terpadu Pengawasan dan Pencegahan Virus Corona wilayah pelabuhan memperketat masuknya semua kapal barang dan kapal penumpang, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 melalui wilayah perairan.

Pemeriksaan dilakukan bersama Tim gabungan yang terdiri dari, UPP Teluk Sigintung, KKP, Satpol PP, Dinkes, TNI AL, TNI AD, dan Kepolisian melakukan melakukan pemeriksaan kapal cumi yang bersandar di Pelabuhan KP3.

Kordinator Wilayah Kuala Pembuang, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Akhmad Akhyannur mengatakan, pemeriksaan dilakukan pada semua kapal yang bersandar disetiap pelabuhan yang berada di Kabupaten Seruyan.

BACA JUGA:   Pj Sekda Buka Gerakan Pangan Murah

“Untuk pemeriksaan kita sudah punya SOP, jadi kapal begitu datang kita lakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen karantina, setelah itu kita akan screening, melihat faktor resiko apa yang berada di atas kapal yang bisa menyebabkan atau menimbulkan penyakit. Faktor resiko yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat,” ujar Akhmad Akhyannur Rabu, 15 April 2020.

AHMAD/BERITA SAMPIT – Petugas saat melakukan pemeriksaan dan pendataan penumpang yang berada di Pelabuhan Kuala Pembuang. Rabu, 15 April 2020.

Selain melakukan pemeriksaan, dia menyebut, setelah itu bagi semua ABK akan berikan kartu kewaspadaan atau HAC, selama ABK berada di wilayah Seruyan, mereka punya kewajiban untuk mengisolasi atau karantina mandiri.

BACA JUGA:   Pertarungan Sengit Jika Lima Elit Politik Ini Maju di Pilgub Kalteng

Bukan hanya itu, selama isolasi mandiri semua ABK akan terus dipantau oleh tim dari Dinas Kesehatan, sebab menurut Akhyannur hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai dari penularan Covid-19.

“Jadi hal-hal itu yang harus dipatuhi, kita terus memberikan edukasi, informasi, komunikasi tentang pencegahan penularan corona ini, kita terus mengawasi lalulintas angkutan laut,” terangnya.

(ASY/beritasampit.co.id)