BMKG  Barsel : Curah Hujan di Kecamatan Dusel dan GBA Kategori Tinggi

Ded/BERITA SAMPIT - Kepala BMKG Barsel, Musuhanaya SE.

BUNTOK – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geifisika (BMKG) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menginformasikan bahwa, untuk analisis curah hujan diwilayah tersebut pada dasarian I April 2020 umumnya masih dalam kategori menengah yakni 100-150 mm.

Kecuali untuk sebagian, wilayah Kecamatan seperti Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) dan Gunung Bintang Awai (GBA) masuk kategori tinggi (150-200 mm).

“Sedangkan analisis, sifat hujan dasarian I bulan April 2020 dalam kategori atas normal termasuk wilayah Kecamatan Dusel,” kata Kepala BMKG Barsel Musuhanaya kepada beritasampit.co.id saat ditemui diruang kerjanya Kamis, 16 April 2020.

BACA JUGA:   Penyusunan Rancangan RKPD Tahun 2025 Menjadi Tolak Ukur Keberhasilan Pembangunan Kalteng

Dikatakan Musuhanaya, untuk prakiraan curah hujan dasarian 3 April 2020 juga masih dalam kategori normal yakni 75-100 mm dengan sifat hujan normal kecuali untuk wilayah Kecamatan Jenamas, Dusun Hilir.

“Serta, sebagian wilayah Kecamatan Karau Kuala dengan sifat curah hujan normal,” katanya.

Dijelaskannya, sedangkan untuk prakiraan curah hujan dasarian I Mei 2020 masih dalam kategori normal yakni 50-100 mm dengan sifat curah hujan normal.

“Sedangkan, untuk prakiraan curah hujan dasarian 2 Mei 2020 juga masih kategori normal yakni 50-75 mm dengan sifat curah hujan pada kisaran normalnya,”ungkapnya.

BACA JUGA:   Kunker di Kejari Seruyan, Kejati Kalteng Ingatkan Profesionalisme dalam Pelaksanaan Tugas

Lebih lanjut ditambahkannya, dari hasil analisis dinamika atmosfir dan hasil observasi curah hujan untuk wilayah Kecamatan Dusel saat ini masih memasuki musim penghujan serta mulai memasuki musim Peralihan Musim (Pancaroba).

Secara umum, saat pancaroba perubahan kondisi cuaca retalif lebih cepat dimana pada pagi dan siang hari umumnya cuaca cerah serta berawan dengan kondisi panas terik.

“Sedangkan, pada sore hari dan pada malam hari dapat diikuti hujan dengan intensitas tinggi,” tukas Musuhanaya.

(Ded/beritasampit.co.id)