Demi Tukang Bakso dan Ojek, Gubernur Kalteng Memohon ini ke Menteri Sosial

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Wabah virus Corona atau Covid 19 berdampak pada perekonomian di Kalimantan Tengah. Bahkan sejumlah masyarakat merasakan dampaknya khususunya bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran memohon kepada Kementerian Sosial agar bisa mengakomodir semua masyarakat yang terdampak dari wabah ini. Ini disampaikan Sugianto dalam Video Conference bersama Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, Kamis 16 April 2020.

Dalam Video Conference tersebut meminta kepada Menteri Sosial agar bisa menyamakan jumlah Kepala Keluarga (KK) penerima bantuan dengan provinsi Kalimantan Barat. Meskipun data KK yang akan menerima bantuan di Kalimantan Tengah jauh di bawah Kalimantan Barat.

Menurut Sugianto dengan wabah virus corona ini, banyak warga Kalimantan Tengah yang sebelumnya mapan menjadi tidak mampu. Seperti pedagang bakso dan tukang ojek dan pelaku usaha kecil lainnya.

Menurunnya omzet dan pendapatan bahkan ada yang libur sama sekali, menjadi penyebab bertambahnya data warga yang tidak mampu di Kalimantan Tengah. “Kalau berkenan dengan sangat, kami meminta penyaluran bantuannya disamakan dengan Kalbar. Kami akan melengkapi data yang terdampak dari covid-19 ini sangat luar biasa sekali. Seperti pedagang bakso, ojek online, dan lainnya mengalami penurunan ekonomi. Sampai ada yang tidak mampu untuk membeli beras dan membayar tempat tinggalnya,” kata Sugianto Sabran.

Dia berharap pemberian bantuan tersebut bisa di tingkatkan lagi, karena untuk Kalteng yang menerima bantuan tersebut hanya 75 ribu KK, sedangkan untuk Kalbar itu 200 ribu KK.

Dia juga sudah menyampaikan agar para bupati dan walikota se Kalimantan Tengah, agar juga ikut membantu melalui dinas sosial setempat. “Kami juga sudah menyiapkan anggaran untuk menangani dampak sosial sebesar Rp500 miliar, yang akan kami salurkan segera satu minggu sebelum puasa,” ucapnya.
(Hardi-Aul/beritasampit.co.id)