Tanggapan Kadis Kesehatan Terkait Proses Penguburan Pasien Positif Covid-19

Hardi/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul.

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dr Suyuti Syamsul memberikan tanggapan terkait proses penguburan pasien Covid-19. Hal ini dia sampaikan melalui WhatsApp Kamis, 16 April 2020.

“Beberapa orang yang mengurusi jenazah korban covid-19 dengan cara membuka kembali pembungkus jenazah telah tertular. Atas dasar itulah mengapa orang yang mengurusi jenazah covid-19 memakai APD Whole Protection dan dilakukan oleh tenaga yang sangat terlatih,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul.

BACA JUGA:   Update Perkembagan Kasus Covid-19 di Kalteng 10 Agustus

Dia  juga menambahkan setelah pemulasaran jenazah selesai dengan protokol ketat barulah jenazah itu dapat dikatakan tidak akan menularkan penyakit. Setelah penguburan pun, prosedur ketat pun tetap dilaksanakan dengan melarang penggalian jenazah jila kurang dari satu tahun, karena masih bisa menularkan ke penggali kuburan.

Dia menjelaskan, jika hanya lewat diatas kuburan pasti tidak akan menulari. Dia juga menerangkan untuk penguburan pasien korban covid-19 tersebut diserahkan kepada ahlinya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Gencar Sosialisasikan Gerakan 3 M 

(Hardi/beritasampit.co.id)