Produksi Sagu di Desa Penyaguan Minimal 5 Ton Per Bulan

PENGOLAHAN SAGU : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Pabrik pengolahan sagu khususnya di Kotim hanya ada di Desa Penyaguan, Kecamatan Pulau Hanaut.

SAMPIT – Potensi pohon sagu di Desa Penyaguan, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), cukup berlimpah. Bahkan, pengolahan sagu mampu diproduksi minimal 5 ton per bulan.

“Kami mampu produksi sagu basah itu antara 5 sampai 7 ton per bulan. Tergantung permintaan, bahkan apabila banyak kami siap saja,” ucap Ketua Pengelola Sagu Suryadi kepada wartawan beritasampit.co.id, saat ditemui di pabrik pengolahan sagu, Jumat 17 April 2020.

Untuk memproduksi sagu, menurutnya, melibatkan beberapa pekerja. Sebab, kata dia, proses sebelum produksi cukup panjang. Misalnya, batang sagu harus digiling terlebih dahulu, kemudian disiram dengan air dan aduk-aduk agar inti sari sagu pisah dengan serat kayu.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Mengenai bahan baku, lanjut Suryadi, selain di Desa Penyaguan juga diambil dari beberapa lokasi lain seperti Pulau Lepeh dan Sungai Paring yang ada di Desa Hanaut, Kecamatan Pulau Hanaut.

“Bahan baku cukup berlimpah, hanya saja terkendala dari segi pemasaran dan harga jual masih murah. Disamping itu, sistem produksi pengolahan sagu yang kami lakukan masih manual,” ujarnya.

BACA JUGA:   Ingin Bebaskan Anak-anak dari Buta Al Quran, Aiptu Yosso Bangun TPQ Gratis yang Kini Dihuni 129 Santri

Sementara itu, Kepala Desa Penyaguan Zainal Abidin menjelaskan, pemasaran sagu kedepannya akan dirombak, yakni sagu akan diolah menjadi produksi jadi.

“Inovasi kedepannya, penjualan sagu tidak lagi sagu basah akan tetapi menjadi produksi jadi misalnya, diolah menjadi tepung atau berbentuk makanan seperti keripik amplang berbahan sagu,” kata Zainal.

Apabila inovasi itu terlaksana dan berjalan dengan baik, Zainal mengaku optimistis bahwa harga jual sagu akan meningkat dan kesejahteraan para pekerja serta warga desa juga akan merasakan hasilnya. (Ifin/beritasampit.co.id).