Baru Menjabat, Kapolsek Ini Sukses Ajak Jamaah Shalat Jumat Ganti Shalat Zuhur di Rumah guna Cegah Covid-19

Kapolsek Kapuas Tengah AKP Ahmad Supian bersama Panitia Masjid Al Furqan, Desa Pujon Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas membagikan masker kepada warga di pasar dekat masjid, Jumat (17/4/2020).

KUALA KAPUAS – Totalitas dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 ditunjukkan Kapolsek Kapuas Tengah AKP Ahmad Supian. 

Dirinya baru menjabat sebagai kapolsek, dan ini pertama Jumatannya.

Dengan pendekatan persuasif dan koordinasi yang humanis, ia bersama jajarannya berhasil mengajak warga khususnya yang beragama Islam di Desa Pujon Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas untuk mengganti Shalat Jumat dengan Shalat Zuhur di rumah masing-masing.

“Ini jumat pertama kami di Pujon. Alhamdulillah warga atau Jamaah Shalat Jumat bisa memahami dan menyadari akan pentingnya dalam mencegah penyebaran Covid-19, sehingga jamaah menggantinya ibadah Shalat Jumat-nya dengan Shalat Zuhur di rumah masing-masing,” kata Kapolres Kapuas AKBP Esa Estu Utama melalui Kapolsek Kapuas Tengah AKP Ahmad Supian, Sabtu (18/4/2020) malam.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Mantan Kasat Binmas Polres Kapuas ini menegaskan, bahwa Shalat Jumat yang diganti dengan Shalat Zuhur di rumah masing-masing tersebut hanya dalam waktu sementara dalam kondisi wabah pandemi virus corona atau Covid-19.

“Jadi ini sesuai Maklumat Kapolri, imbauan pemerintah dan fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) agar selama wabah Covid-19 dan guna mencegah dan memutus mata rantai virusnya maka untuk sementara waktu Shalat Jumat diganti dengan Shalat Zuhur,” ungkap Supian.

Lanjut dia, hal tersebut guna kebaikan dan keselamatan bersama terhindar dari penyebaran Covid-19.

Kemudian pada, Jumat (17/4/2020) dirinya mendampingi Panitia Masjid Al Furqan Desa Pujon membagikan 250 masker kain kepada masyarakat yang berada di pasar sekitar masjid.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Kata Supian, dalam pembagian masker tersebut pihaknya juga mensosialisasikan bahwa Masjid Al Furqan tidak melaksanakan Shalat Jumat. Selain itu juga agar seluruh warga khususnya Desa Pujon menyadari tentang pentingnya penggunaan masker pada saat keluar rumah guna mengantisipasi masifnya penularan Covid-19.

“Kegiatan dimaksud pada intinya dalam rangka pemeliharaan kepercayaan masyarakat terhadap Polri secara umum dan terpeliharanya situasi kamtibmas di wilayah Polsek Kapuas Tengah yang aman dan kondusif,” ungkap mantan Kasat Intelkam Polres Kapuas tersebut.

Ditambahkan Supian, dalam kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

(irfan/beritasampit.co.id)