Cegah Covid-19, PKK Diminta Berperan Aktif

SHP/BERITA SAMPIT - Ketua TP PKK kabupaten Barut saat video conference dengan ketua TP PKK Provinsi Kalteng.

MUARA TEWEH – Dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona ditengah masyarakat, peran PKK diharapkan aktif untuk terus melakukan sosialisasi baik berupa pencegahan maupun kebijakan.

Hal ini yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistira Ivo Sugianto Sabran melalui video conference bersama Ketua TP PKK Barito Utara, Sri Hidayati Nadalsyah.

Dengan didampingi Kadis Kominfosandi M Imam Topik, Plt Kadis Kesehatan Siswandoyo, Direktur RSUD Dwi Agus Setijowati, dan Pengurus PPK Kabupaten Barito Utara. Video conference dilaksanakan Sabtu 18 April 2020, di Aula Setda lantai II kantor Pemkab Barut Jalan Ahmad Yani Muara Teweh.

Melalui video conference tersebut, ketua PKK Provinsi Kalimantan Tengah Yulistira Ivo Sugianto Sabran mengajak, seluruh kader PKK untuk menjalankan tugas dan fungsinya.

BACA JUGA:   DMI Berhasil Menata 154 Masjid di Kalimantan Tengah

Salah satunya, adalah dengan melakukan penyuluhan serta sosialisasi akan bahayanya dampak covid 19 yang saat ini sedang mendera Kalteng juga.

“Mari ibu-ibu kita sosialisasikan dari mulai dari tingkat kecamatan, desa, kelurahan, RW, dan RT juga,” jelas Istri Gubernur Kalimantan Tengah tersebut.

Sementara itu, ketua TP PKK kabupaten Barito Utara, Hj Sri Hidayati Nadalsyah mengatakan, kepada ketua PKK Provinsi Kalteng. Bahwa, TP PKK kabupaten saat ini juga telah menghibau kepada seluruh masyarakat untuk jangan terlalu banyak melakukan aktivitas diluar rumah.

Selain itu juga mengajak, masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih, sehat serta melakukan physical distancing untuk memutus mata rantai peyebaran virus.

Lebih lanjut lagi, ketua PKK kabupaten Barito Utara itu juga melakukan berbagai kegiatan, diantaranya membantu menyiapkan konsumsi untuk petugas Posko Gugus Tugas di pintu masuk Kabupaten Barito Utara. Baik dijalur darat maupun jalur sungai, sejak 26 Maret 2020 lalu.

BACA JUGA:   Cegah dan Percepat Penurunan Stunting BKKBN Kalteng Lakukan Audit Kasus

Hal itu untuk mendukung tim terpadu di garda terdepan, agar bisa melaksanakan tugasnya memantau kesehatan masyarakat yang akan memasuki wilayah Kabupaten Barito Utara.

Seperti didaerah kecamatan Gunung Timang, Gunung Purei yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur juga menjadi perhatian mereka selama ini.

“Baru-baru ini PKK Barito Utara juga telah memberikan bantuan berupa suplemen dan makanan untuk petugas posko, serta¬† memberikan bantuan APD,” jelas Hj Sri Hidayati Nadalsyah, kepada Ibu Ivo panggilan akrab istri Gubernur Kalteng tersebut.

(shp/beritasampit.co.id)