Kalteng Masih Belum Miliki Rumah Sakit Rujukan Untuk Penyakit Hepatitis

Hardi/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul.

PALANGKA RAYA – Penyakit hepatitis di Kalteng masih ditemukan ada kasusnya di Kalteng, akan tetapi rumah sakit rujukan untuk penanganan hepatitis tersebut tidak ada. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul saat di VIP room Bandara Tjilik Riwut  Sabtu, 18 April 2020.

“Sehingga untuk saat ini kita menetapkan Rumah Sakit Doris Sylvanus untuk melakukan perawatan untuk Hepatitis, karena dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) lebih lengkap. Sehingga kita sambil melatih orang-orangnya dan menyiapkan peralatan terkait penanganan hepatitis,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul.

Untuk Hepatitis ada tiga golongan dari A, B, dan C, untuk Hepatitis A itu bisa sembuh sendiri. Sehingga untuk fokus itu ada di Hepatitis B dan Hepatitis C, hal itu dikarenakan Hepatitis B dan Hepatitis C bisa menjadi kanker hati.

“Sehingga kita memulai dari menyiapkan rumah sakitnya, sehingga kalau menemukan hal seperti itu akan bisa diobati secara tuntas. Untuk kasusnya sendiri di Kalteng selalu ada karena hepatitis itu menular melalui darah, dan lewat cairan tubuh. Untuk pasien kita tetap obati, akan tetapi itu tidak maksimal karena tidak ada centernya,” ucapnya.

(Hardi/beritasampit.co.id)