MPR Minta Media Massa Awasi Donasi Bantuan Dana Covid-19

Ilustrasi Dana Covid-19 Rawan Dikorupsi. Ist

JAKARTA— Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak masyarakat dan media massa ikut mengawasi berbagai bantuan yang diterima pemerintah melalui gugus tugas untuk penanganan virus corona (Covid-19).

“Saya ajak masyarakat dan media awasi dana dari pemerintah maupun dana yang telah diberikan banyak negara dan kelompok masyarakat dalam menanggulangi virus Covid-19 di Tanah Air,” ujar Bamsoet, Sabtu, (18/4/2020).

BACA JUGA:   Diduga Program Bodong Rice Cooker Gratis Kementerian ESDM, Komisi VII DPR: Harus Diaudit BPK RI

Selain itu, Bamsoet juga meminta KPK mengawasi kinerja kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan institusi lainnya untuk transparan dalam mengelola bantuan penanggulangan Covid-19.

Menurut Bamsoet, penanggulangan Covid-19 harus diwujudkan dengan mengadministrasikan dan memublikasikan segala bentuk sumbangan serta bantuan yang diterima.

“Hal itu guna meminimalisir potensi gratifikasi atas penerimaan sumbangan dari masyarakat,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Gerindra Usulkan Menteri dari Kalimantan Tengah

Mesti demikian, politikus Golkar itu mendorong pemerintah memanfaatkan situs resmi untuk mempublikasikan penerimaan dan penggunaan bantuan yang diterima.

“Serta melalui situs tersebut, pemerintah juga disarankan melakukan pemutakhiran data setiap hari sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pemerintah,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)