Ini Pesan Bupati Kapuas dalam Musrenbang RKPD 2021

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyerahkan Berita Acara Kesepakatan Terhadap Substansi Rancangan RKPD Tahun 2021 kepada Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes dalam acara Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2021 di Aula Bappeda setempat, Senin (20/4/2020).

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2021 di Aula Kantor Bappeda Kuala Kapuas, Senin (20/4/2020).

Musrenbang tingkat kabupaten ini dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Selain itu juga dirangkai dengan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Terhadap Substansi Rancangan RKPD Tahun 2021 yang ditandantangani oleh empat orang perwakilan yaitu Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes, Pj Sekda Kapuas H Masrani, Camat Selat Noor Rahman, dan Tokoh Agama J S Lamon.

Dalam kegiatan tersebut Pemkab mengurangi jumlah peserta, mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi atau interaksi online, dan tetap melakukan jaga jarak, mengingat kondisi dan situasi saat ini dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Ben Brahim dalam sambutan mengatakan usulan APBD Kapuas melalui OPD yang telah diusulkan dan diakomodir harus dievaluasi kembali mana kegiatan yang harus di fokuskan dan  diprioritaskan.

Untuk itu ia menegaskan perlu adanya perencanaan, harus berkoordinasi dengan Camat yang benar-benar mengetahui permasalahan yang ada di wilayah kecamatannya.

“Lakukan perencanaan yang baik, karena dengan adanya perencanaan yang baik maka pelaksanaannya akan bertambah ringan, baik lebih lanjut dalam hal pengawasan dan pemeliharaan. Kemudian kita harus jeli dan banyak mendengar informasi dari Bapak dan Ibu Camat, apa sebenarnya kebutuhan utama di daerahnya, itu dulu yang kita kejar,” ujar Ben Brahim.

Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng ini juga meminta OPD agar mengekspose satu-satu kegiatan mana yang lebih di prioritaskan, harus benar-benar realistis, jangan asal-asalan, karena semua harus bekerja sama, kerja cepat dan selalu koordinasi satu sama lain.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Terkait keadaan saat ini yaitu pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, Ben menekankan agar semua pihak bergerak cepat, penjagaan harus semakin diperketat, apabila ada masyarakat yang yang tidak memiliki KTP asal wilayah Kabupaten Kapuas masuk ke daerah Kapuas, harus pulang kembali ke daerah asalnya kecuali dengan kondisi tertentu.

“Saya mengutamakan keselamatan masyarakat di Kabupaten Kapuas. Buat peringatan di jalan-jalan untuk menghindari Virus Corona yaitu tetap tinggal di rumah kecuali hal-hal yang sangat penting, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, selalu mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, jara jarak dengan orang lain minimal satu setengah meter, jangan ke tempat kerumunan orang banyak dan jangan mengumpulkan banyak orang,” tuturnya.