Hilal Wilayah Barito Utara Terpantau, Meski Terhalang Samar-samar Awan Hitam

SHP/BERITA SAMPIT - Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama Barito Utara, saat memantau Hilal di Gunung Bukit Wayang Kelurahan Jingah, kecamatan Teweh Baru, kabupaten Barito Utara, dan tampak Drs Tuani MAg saat menunjukan arah pemantauan

MUARA TEWEH – Menjelang awal bulan Ramadan 1441 Hijriah tahun 2020, Tim Hisab Rakyat, Kementerian Agama Kabupaten Barut pada pukul 17.00 Wib memantau Hilal, di wilayah kabupaten Barito Utara.

Dikatakan oleh Kepala Kantor Kemenang Barito Utara, Drs Tuani adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap tahun menjelang awal Ramadan.

“Karena keadaan kita saat ini dalam situasi Covid-19, jadi kita tidak melibatkan banyak orang,”kata Tuani, di Bukit Wayang Kelurahan Jingah, Kamis 23 April 2020, sore.

Tambahnya, biasanya pihaknya melaksanakan dengan beberapa pihak dari organisasi Islam, seperti Pengadilan Agama, MUI, Muhammadiyah, Metereologi dan para ustad serta organisasi Islam juga.

“Tapi kita sudah koordinasi via telepon, dengan beberapa pihak tadi,” katanya lagi.

Sementara kepala Binmas Islam H Saiful Fahmi ditempat yang sama juga mengatakan, bahwa kegiatan itu rutin dilakukan. Dimana dilaksanakan, seperti awal menjelang satu hari sebelum Ramadan, menjelang satu hari sebelum 1 Syawal dan pada tanggal sebelum 1 Zulhijah.

“Hasil kita sore ini, Hilal terpantau meski samar-samar karena memang awan menunjukan samar-samar hitam dan ada beberapa kayuan juga menghalangi, tapi bulan sempat terlihat,”ujarnya.

Namun meskipun demikian, katanya. Bahwa hasilnya akan dilaporkan ke Kanwil Kemenag di Palangka Raya, dan mereka lagi berkoordinasi dengan Kemenag di Jakarta.

“Jadi kita akan menunggu dulu hasilnya dari pihak Kakanwil, karena memang yang bagus hasilnya untuk memantau Hilal adalah di daerah Pinggir laut atau gunung yang agak tinggi,”tutupnya.

Ikut dalam kegiatan tersebut, diantaranya selain pihak kepala Kantor Kemenag, Kepala Binmas Islam Kantor Kemenang Barut, Ketua Pokja penyuluh Agama Islam fungsional, Ustaz Asrannor, perwakilan HMI Komisariat Lafran Pane Muara Teweh, KAHMI Barito Utara dan Karang Taruna Barut juga.

(shp/beritasampit.co.id)