Pemprov Jaga Ketahanan Pangan di Kalteng Selama Puasa Ramadan

Hardi/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Ketersediaan bahan pangan pokok di Provinsi Kalimantan Tengah jika dibandingkan dengan kebutuhan konsumsi penduduk untuk bulan April masih cukup tersedia.

Walaupun sebagian besar komoditas masih mengandalkan pasokan dari luar untuk mencukupi kebutuhan seperti jagung, bawang merah, bawang putih, cabe besar, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng

“Khusus untuk kebutuhan pokok hasil ternak, telur ayam ras sampai minggu ke III April mengalami defisit namun jika tidak ada kendala produksi di kandang dan jika selalu lancar suplai dari luar daerah maka biasanya akan cukup untuk kebutuhan pada bulan berjalan,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Kamis, 23 April 2020.

BACA JUGA:   Fairid Siap Maju Kembali pada Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Untuk gula pasir ketersediaan bertahan sekitar 2 bulan, namun sudah selama 2 bulan ini harga melonjak naik karena pasokan berkurang baik untuk bulog maupun di pedagang.

Namun pada saat bulan Ramadan dan Hari Raya stock tidak kekurangan apabila mengikuti perkiraan perhitungan kebutuhan pada saat bulan HBKN hanya harga masih sangat tinggi jauh di atas 12.500 Rupiah perkilo.

BACA JUGA:   Budpar Kalteng Gelar Sosialisasi Anugrah Kebudayaan Indonesia

Saat ini sedang diupayakan untuk melakukan kontak dengan distributor gula di Jakarta agar mau menyediakan suplai gula ke wilayah Kalteng, baik melalui Kemendag maupun Kementan.

(Hardi/beritasampit.co.id)