BMKG : Cuaca Pancaroba di Bulan Ramadhan

JMY/BERITA SAMPIT : BMKG stasiun bandar udara H Asan Sampit.

SAMPIT – Badan meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) stasiun bandar udara H Asan Sampit menyebutkan cuaca bulan April akan memasuki masa peralihan pada bulan ramadhan ini.

Saat dihubungi BMKG Kotim melalui Prakirawan Suci Priatin Ningsih mengatakan, satu minggu ke depan cuaca masih rata-rata hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Prediksi prakiraan bulan April ini merupakan puncak hujan menuju bulan Mei dengan intensitas hujan menurun dari sebelumnya. Sedangkan bulan April ini merupakan bulan peralihan atau pancaroba. Adanya hujan terjadi dominan disertai guntur dan petir,” ungkapnya, Sabtu 25 April 2020.

BACA JUGA:   Tim LKPD Laksanakan Paparan Analitis Guna Meyakini Keandalan Informasi

Untuk itu, ia mengatakan, memasukinya masa peralihan atau pancaroba ini.  Maka masyarakat harus menjaga stamina lagi agar terhindar dari penyakit, terlebih lagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Dari informasi citra satelit cuaca infrared enhanced pukul 07.00 WIB, menunjukkan adanya pertumbuhan awan hujan di wilayah Kotim terutama di Tualan Hulu, Bukit Santuai, Antang Kalang, Telaga Antang dan Mentaya Hulu,” sebutnya.

BACA JUGA:   Sebelum Tenggelam, Kades Luwuk Bunter Sempat Berinteraksi dengan Korban

Sedangkan untuk arah mata angin berdasarkan pantauan dari data satelit Himawari arah angin dominan pada 25 April 2020 menunjukkan arah angin dari timur hingga selatan menuju barat hingga utara. Dia menambahkan, untuk satu hari kedepan perkiraan curah hujan adalah hujan ringan.

(jmy/beritasampit.co.id)