Gerakan TP PKK Kapuas dalam Penanganan Covid-19, Bagikan Sembako dan 100.000 Ribu Masker

Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH menyerahkan paket sembako secara simbolis, disaksikan Bupati Ben Brahim S Bahat dan Plt Kepala Disdagperinkop Batu Panahan, Senin (27/4/2020).

KUALA KAPUAS – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah terus bergerak membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Mulai dari mengedukasi akan bahaya dan pentingnya pencegahan penyebaran Covid-19, membagikan masker hingga paket sembako kepada masyarakat.

Pada, Senin (27/4/2020) di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, disaksikan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Plt Kepala Diadagperinkop dan UKM Batu Panahan, masker dan paket sembako tersebut dibagikan secara simbolis kepada camat dan lurah.

Untuk 7.100 paket sembako sendiri akan dibagikan ke desa yang berada di Kecamatan Kapuas, Kapuas Timur, Basarang, Kapuas Barat dan Kecamatan Dadahup. Sedangkan 100.000 masker akan dibagikan ke seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Kapuas. 

Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH mengatakan, bahwa pembagian sembako dengan total 7.100 paket tersebut merupakan agenda Disdagperinkop dan UKM yang selalu bekerjasama dengan TP PKK menjelang Idul Fitri dan Natal dengan kegiatan pasar murah.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Karena di tengah pandemik virus corona, paket sembako ini pun diberikan secara gratis kepada masyarakat,” ujarnya.

Sambung istri Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat ini menyampaikan, bahwa paket sembako gratis ini hasil dari kerjasama yang baik bersama Disdagperinkop, DPMD, camat dan kepala desa.

Lanjut dia, sebenarnya pihaknya berharap pembagian sembako dapat dibagikan di 17 kecamatan. Namun dalam Program TP PKK, pihaknya mengadakan pembagian sembako di kecamatan secara bergilir setiap tahunnya.

“Kemudian dalam pembagian masker itu hendaknya sambil diberikan edukasi agar maskernya dapat digunakan masyarakat jika memang mengharuskan keluar rumah,” ucap Ary.

Terakhir, kata perempuan yang merupakan anggota DPR RI Fraksi NasDem Dapil Kalteng ini berpesan, agar para camat melakukan gerakan tersebut dengan penuh keikhlasan, jaga jarak dan jangan mengumpulkan warga untuk bagi masker atau sembako.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

“Berikan tugas kepada kepala desa dan Ketua TP PKK sesa untuk membagikannya secara door to door (rumah ke rumah),” ujar Ary.

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Ketua TP PKK beserta jajaran yang telah menggagas dengan penuh ketulusan untuk menolong masyarakat dengab membagi sembako dan masker.

“Dengan kondisi yang sebenarnya tidak menguntungkan, tapi ibu-ibu semuanya mau turun seperti sekarang ini dan kita selalu berdoa agar Covid-19  ini segera berlalu, baik dari tempat kita Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah maupun Indonesia karena keadaan ini berdampak kepada ekonomi kita,” terangnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Disdagperinkop Kapuas Batu Panahan menerangkan, bahwa paket sembako tersebut berisi beras 5 kilogram, gula pasir 1 kilogram dan minyak goreng 1 liter.

(irfan/beritasampit.co.id)