Dana Bansos Rawan Diselewengkan, MPR Minta Warga Lapor Satgas Pungli

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dok: Istimewa

JAKARTA— Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melaksanakan tugas menyalurkan bantuan sosial berintegritas tinggi, guna menekan penyimpangan dana Covid-19 dari oknum yang tidak bertanggungjawab di lapangan.

“Hal itu dilakukan sehingga masyarakat berhak dan benar-benar mendapatkan bantuan secara utuh,” tutur Bamsoet, Rabu, (29/4/2020).

Mesti demikian, politikus Golkar itu menyampaikan bahwa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah bersinergi dengan Satgas Kampung Siaga Covid-19 di setiap wilayah untuk melakukan pengawasan dalam pendistribusian bansos di masing-masing wilayah.

BACA JUGA:   Ekonomi Kreatif Merupakan Lokomotif Penggerak Usaha UMKM

“Sehingga pendistribusian bansos merata, tepat sasaran serta jumlahnya sesuai dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Agar dana Covid-19 tidak diselewengkan, mantan Ketua DPR RI itu pun mendorong pemerintah melibatkan peran serta masyarakat dalam mengawasi penyaluran bansos tersebut.

“Saya minta kepada masyarakat untuk melaporkan kepada Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) apabila terjadi pungutan liar saat pembagian bantuan sosial bagi keluarga penerima manfaat, sebagai upaya mencegah terjadinya pungli pada saat pendistribusiannya,” pungkas Bambang Soesatyo.

BACA JUGA:   Embracing Jakarta Muslim Fashion Week, Mendag: Kukuhkan Posisi Indonesia Sebagai Pusat Busana Muslim Dunia

(dis/beritasampit.co.id)