Pelunasan Bipih Tahap Pertama Sisakan 190 Jemaah, Ibadah Haji 2020 Belum Pasti

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Masrawan.

PALANGKA RAYA – Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahap pertama telah selesai. Dari 1597 jemaah yang berhak melunasi Bipih, hanya 1407 jemaah yang melakukan pelunasan. Itu artinya, terdapat 190 jemaah yang belum melakukan pelunasan. Mereka berhak melakukan pelunasan di tahap kedua yang akan dibuka pada 12 Mei-20 Mei 2020.

Data yang dihimpun dari Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah menunjukkan, dari 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, hanya 4 kabupaten yang pelunasannya mencapai 100 persen, yaitu Lamandau, Sukamara, Seruyan, dan Gunung Mas.

BACA JUGA:   179 Mahasiswa dan Pelajar Kalteng Memperoleh Beasiswa dari Bank Indonesia

Sementara 10 kabupaten dan kota lainnya masih ada jemaah calon haji yang belum melakukan pelunasan. Meliputi Palangka Raya 42 jemaah, Kapuas 54 jemaah, Barito Utara  15 jemaah,  dan Barito Selatan 7 jemaah. Kemudian, jemaah Kabupaten Kotawaringin Timur yang belum melakukan pelunasan Bipih sebanyak 23 orang, Kotawaringin Barat 7 orang, Katingan 7 orang, Pulang Pisau 3  orang, Barito Timur dan Murung Raya masing-masing 16 orang.

“Total ada 190 jemaah calon haji yang belum melunasi Bipih di tahap pertama. Semoga bisa melunasinya di fase kedua,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Masrawan.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Sediakan 51 Posko Pantau Arus Mudik

Sampai sejauh ini persiapan penyelenggaraan ibadah haji terus berjalan. Pembuatan dokumen paspor pun sudah dilakukan. Kemudian, bimbingan manasik haji rencananya akan diselenggarakan secara daring.

Namun kepastian atau keputusan tentang ada atau tidaknya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 ini masih ditunggu, karena pandemi Covid-19. (Hardi/beritasampit.co.id).