Bupati Barsel Resmi Serahkan Kartu Prakerja dan BLT Lansia

PENYERAHAN BANTUAN : IST/BERITA SAMPIT - Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri ST didampingi Wakil Bupati Barito Selatan dan Kadis Nakertrans Barsel (lima dari kiri), saat menyerahkan Kartu Prakerja.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri ST secara resmi menyerahkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak sosial Covid-19 berupa Kartu Prakerja dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Lansia, di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Barsel, Senin 4 Mei 2020.

Selain itu juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang sudah menjadi sasaran sebagai calon penerima bantuan tersebut. Menurut Eddy Raya penyerahan Kartu Prakerja, BLT Lansia serta bantuan paket sembako tersebut adalah sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel dalam mengatasi kesulitan masyarakat yang terdampak akan sosial Covid-19 saat ini.

Pemkab juga telah membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) gabungan SOPD Kabupaten Barsel yakni Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans), Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) (Disperindagkop dan UKM) serta Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud).

“Adapun tugas Sekber tersebut, untuk menangani tenaga kerja pada sektor formal dan informal dan masyarakat miskin untuk mendapatkan Kartu Prakerja, BLT dan Sembako,” jelas Eddy.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Sementara itu, untuk data yang menjadi sasaran penerima Kartu Prakerja, BLT dan bantuan paket sembako yang dikelola oleh Sekber diantaranya, buruh yang tidak terdaftar, sebagai penerima bantuan Sosial dan PKH. Selain itu juga, pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terdampak Covid-19, karyawan formal yang dirumahkan dan masyarakat yang membutuhkan kompetensi kerja melalui Kartu Prakerja akan menerima bantuan juga.

Jumlah masyarakat yang mendaftar untuk mendapatkan Kartu Prakerja pada Sekber hingga tanggal 30 April 2020 lalu pada gelombang I hingga III sekitar 1.158 orang. Sedangkan, yang telah terverifikasi untuk Kartu Prakerjanya ada sekitar 687 orang, dan hal ini menunjukan bahwa masyarakat begitu antusias, mengikuti program pemerintah yakni melalui Kartu Prakerja tersebut.

Maka untuk proses penyaluran bantuan ini, kata Eddy, sangat diharapkan berjalan dengan lancar sebab untuk kelanjutanya akan menyusul lagi yakni penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) sebanyak 7800 Kepala Keluarga (KK) atau kurang lebih 25800 orang yang akan dibagikan di seluruh wilayah Kabupaten Barsel.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Kata dia, semoga saja untuk proses penyaluran bantuan berikutnya bagi masyarakat yang terdampak sosial Covid-19 akan berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur arahan serta harapan, dari Presiden RI Ir H Joko Widodo dan Gubernur Kalteng H Sugiato Sabran.

Sementara itu, Pelaksana Tugas DPMDes Barsel Haitami menuturkan, terkait BLT Lansia ini merupakan khusus bagi warga Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) yakni sebanyak 35 orang masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 2.700.000, dengan total keseluruhan sebesar Rp 94.500.000.

“Bantuan ini diberikan, satu kali dalam satu tahun dalam bentuk bantuan uang yang mana masing-masing penerima akan menerima bantuan BLT sebesar Rp 2.700.000,” jelas Haitami.

Acara penyerahan Kartu Prakerja, BLT Lansia dan bantuan paket sembako tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, seluruh Kepala SOPD Barsel, Camat Dusel Mario Aan serta tamu undangan lainnya. (Ded/beritasampit.co.id).