Pemda Kotim Diminta Sigap Antisipasi Perubahan Iklim

IST/BERITA SAMPIT - M Kurniawan Anwar.

SAMPIT – Anggota DPRD Kotim M Kurniawan Anwar yang duduk di Komisi IV ini meminta Pemerintah Daerah (Pemda) harus mengantisipasi perubahan iklim, dimana sebentar lagi akan ada pergantian musim hujan ke musim kemarau.

“Ditengah wabah covid-19 ini, Pemda juga harus mengalokasikan anggaran untuk mendukung pertanian. Mulai dari peralatan, pupuk hingga rancangan kebutuhan air, bisa dengan waduk atau menyediakan titik-titik sumur bor. Karena kita sudah didukung dengan lahan pertanian yang luas dan memadai, hanya tinggal memaksimalkan lokasi secara serius,” pinta M Kurniawan Anwar, Selasa 5 Mei 2020.

BACA JUGA:   Bela Masyarakat, Yoyo-Madi Bagi Masker
800

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengatakan, hal itu  sejalan dengan yang disampaikan presiden republik Indonesia Joko Widodo  pada rapat terbatas 5 Mei 2020 terkait antisipasi dampak kekeringan terhadap ketersediaan bahan pokok.

Sedangkan dari data berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, 30 persen wilayah-wilayah yang masuk zona musim ke depan akan mengalami kemarau yang lebih kering dari biasanya.

BACA JUGA:   Rapat Memanas Tiga Fungsi Pokok DPRD Kotim Terancam Hilang, Anggaran Dipangkas Rp 11 Miliar

“Oleh sebab itu Pemda harus mengantisipasi, mitigasi, serta harus betul-betul disiapkan ketersedian dan stabilitas harga bahan pangan. Kita harus galakkan petani-petani lokal dan tetap dalam protap kesehatan,” pungkasnya.

(im/beritasampit.co.id).