Pemkab Siapkan Rp 138 Miliar Untuk Tagani Covid-19, Sakariyas: Ini Jaminannya Nyawa

WAWANCARA : ANNAS/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan, Sakariyas saat diwawancara awak media.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan akan menyiapkan anggaran dana kurang lebih Rp 138 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Dana APBD yang disiapkan ini dalam rangka penanganan wabah virus corona (Covid-19) khususnya Kabupaten Katingan.

Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, apa yang dilakukan pemerintah yaitu untuk menekan penyebaran dan penularan Covid-19. Dengan demikian, pemerintah meminta agar masyarakat patuh terhadap imbauan untuk pencegahan virus corona ini cepat selesai.

“Sekarang itu yang namanya APBD yang disiapkan untuk penangganan wabah virus corona jaminannya nyawa. Siapa yang coba-coba untuk menyalahgunakan siap-siap untuk digantung atau dihukum seumur hidup,” ucap Sakariyas, kepada sejumlah wartawan, Senin 4 Mei 2020.

Dijelaskan, apabila APBD yang disiapkan kurang lebih Rp 138 miliar untuk persiapan penanganan Covid-19 sudah disetujui, tidak langsung dibelanja-belanjakan untuk keperluan penanganan lainnya, melainkan, kata dia, akan dilihat dulu pengunaannya untuk apa, mendesak atau tidak.

“Buka berarti yang Ratusan Miliar itu langsung dibelanjakan, bukan seperti itu,” ucap Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini.

Sakariyas, juga meminta semua OPD, tim pengurus administrasi, tenaga lain di Kecamatan-Kecamatan terkait pemberian atau penyerahan bantuan-bantuan penanganan wabah covid-19 dari pihak lain harus ada laporan tertulisnya.

“Misalnya, hari ini ada bantuan sosial, maka harus dibikin tanda terimanya, bukti fotonya dibuat berita acaranya. Begitu juga pihak kecamatan, apabila menyerahkan bantuan ke penerima bantuan agar dibuat tanda terima, berita acara dan sebagainya. Jangam sampai tidak buat, karena ini besar tanggungannya,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).