Update Covid-19 Katingan :  Status ODP Bertambah 1 Orang, OTG, PDP dan Status Positif Tidak Ada Perubahan

LAPORAN GUGUS TUGAS: IST/BERITASAMPIT - Data laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Bupati Sakariyas, pada Minggu 10 Mei 2020.

KASONGAN – Dari keterangan laporan yang disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Bupati Katingan Sakariyas.

Update pada Minggu 10 Mei 2020,  Masyarakat yang terpapar wabah virus corona atau covid-19, dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang sebelumnya berjumlah 44 orang, sekarang berjumlah 45 orang. Hal ini karena ada penambahan 1 orang dari Kecamatan Petak Malai, pada Minggu 10 Mei 2020 ini.

Namun, terkait status lainnya tidak mengalami pengurangan ataupun penambahan, seperti :

Orang Tanpa Gelaja (OTG) berjumlah 24 orang. Status ini tidak ada penambahan ataupun pengurangan. Begitu juga dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih sebanyak 8 orang.

Kemudian, Masyarakat terkonfirmasi terinfeksi virus corona atau covid-19 masih berjumlah 10 orang. Sementara, sampai sekarang ini juga masih ada 2 orang saja yang dilaporkan sembuh atau negatif virus corona atau covid-19. Lalu, terkait kasus meninggal belum ada.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

Perlu diketahui, Data bersifat kumulatif, sehingga meskipun terdapat pasien sembuh. Jumlah pasien positif tidak berubah dan zona merah tidak berganti.

Upaya yang dilakukan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, salah satunya di

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, melalui BPBD Kabupaten Katingan mengantar warga Desa Dahian Tunggal seorang Ibu dan anak yang berkunjung ke Daerah Kecamatan Kamipang kembali ke Desa Dahian Tunggal setelah di Rapid Test hasilnya negatif.

Kemudian, pihak  Kecamatan Karingan Tengah bersama Anggota TNI, Perangkat Desa, Relawan Covid-19 Desa, Anggota Tagana Katingan Tengah dan Manager Humas beserta staff PT PSAM melakukan penyemprotan desinfektan dirumah-rumah warga dan pembagian masker di Desa Batu Badinding. Dan pada kegiatan tersebut sekaligus penyerahan bantuan berupa tempat cuci tangan 2 buah dan cairan desinfektan dari PT PSAM.

Sementara, itu pihak Kecamatan Katingan Hulu menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Sosial Kabupaten Katingan sebanyak 360 paket dan langsung diserahkan kepada Kepala Desa yang hadir untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Lakukan Patroli Pengawasan di Bulan Suci Ramadan

Lalu, anggota Satuan Polisi Pamong Praja melakukan Kegiatan Patroli bersama anggota TNI dan Anggota Polri dari Polres Katingan dan Polsek Katingan Hilir di mulai dari Mako Satpol PP ke, Desa Hampalit Jalan Tjilik Riwut masih didapat adanya masyarakat berkumpul/berkerumun, diminta untuk membubarkan diri dan menggunakan masker apabila keluar dari rumah. Kegiatan patroli berjalan aman dan lancar sampai selesai.

Terakhir, di Posko Dermaga Tumbang Sanamang melakukan cek suhu tubuh dan kesehatan para penumpang baik yang dari Kecamatan Bukit Raya, maupun yang datang dari arah sungai Sanamang. Dan sekaligus menyerahkan bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Kepala Desa se-Kecamatan Katingan Hulu.

(Annas/beritasampit.co.id)