Kantor Pos Sampit Mulai Salurkan BST Kementerian Sosial Kepada Warga Kotim

IST/BERITA SAMPIT - Suasana penyaluran BST kepada warga oleh Kantor Pos Sampit.

SAMPIT – PT Pos Indonesia, Kantor Pos Cabang Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) secara bertahap kepada masyarakat, sejak Jumat 8 April 2020 lalu.

Kepala Kantor Pos Sampit, Hamid Wahidin mengatakan, bahwa penyaluran itu telah diluncurkan bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim di posko gugus tugas Covid-19.

“Kemarin kita sudah mulai launching pada Jumat bersama pak Sekda Kotim. Kita sudah mulai membayarkan dan sampai saat ini masih proses. Kita juga telah membuatkan jadwal untuk masing-masing kelurahan sehingga tidak terjadi penumpukan warga saat ke kantor pos,” kata Hamid, Senin 11 Maret 2020.

Ia memperkirakan, bahwa penyaluran bantuan tersebut akan berakhir hingga akhir bulan mendatang. Karena pihaknya menyalurkan kepada seluruh kecamatan.

“Kita juga berkoordinasi dengan Camat, Lurah hingga RT pada saat pembayaran para Keluarga Penerima Manfaat untuk menaati jam dan waktu yang telah ditentukan. Yakni dari jam 8.00 pagi sampai 12.00 WIB siang,” ujar Hamid.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kotim, warga di bumi habaring hurung mendapatkan kuota sebanyak 11.189 kepala keluarga penerima bantuan. Untuk BST yang disalurkan saat ini berupa bantuan uang tunai Rp 600.000 setiap kepala keluarga dalam rangka pencegahan dampak COVID-19 selama tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni 2020.

Total penerima BST yang mulai disalurkan saat ini sebanyak 9.190 kepala keluarga, terdiri dari hasil pendataan Data Terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial 6.774 kepala keluarga dan non DTKS atau usulan pemerintah daerah sebanyak 2.416 kepala keluarga.

Penyalurannya dibagi menjadi dua yakni melalui BRI dan BNI sebanyak 788 kepala keluarga, sedangkan sisanya disalurkan melalui kantor pos untuk 8.492 kepala keluarga. (Jmy/beritasampit.co.id).