PSBB Efektif Apabila Masyarakat Disiplin

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul

PALANGKA RAYA – Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) akan sangat efektif apabila masyarakat disiplin, apalagi kalau semuanya memakai masker, menghindari kontak fisik, dan cuci tangan, maka penularan bisa mencapai nol.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul saat di temui di VIP room Bandara Tjilik Riwut, Jumat 15 Mei 2020.

“Kuncinya itu disiplin, PSBB kalau tidak diikuti disiplin masyarakat itu akan susah. Akan tetapi kalau mendisiplinkan masyarakat dengan cara penindakan-penindakan, maka akan menimbulkan masalah sosial. Sehingga dalam hal ini kunci keberhasilan itu ada ditangan masyarakat,” beber dr Suyuti Syamsul.

Untuk pemakaian masker di masyarakat Kota Palangka Raya sudah cukup bagus, untuk pola hidup bersih dan sehat juga perlu didorong, selain itu sosial distancing dan physical distancing juga perlu dijaga.

Selain itu dilihat dari angka positif covid-19 mengalami penurunan tiap harinya, dan angka sembuh covid-19 setiap hari mengalami peningkatan.

(Hardi/beritasampit.co.id)