Sidang Isbat Awal Syawal 1441 Hijriah Akan Digelar 22 Mei 2020

IST/BERITA SAMPIT - Kasubbag Umum dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Gondo Utomo.

PALANGKA RAYA – Kementerian Agama (Kemenag) pada Jumat 22 Mei 2020 akan menggelar sidang isbat akhir Ramadan awal bulan Syawal 1441 Hijriah.

Dalam sidang isbat ini Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Tengah (Kalteng) akan diwakili Kasubbag Umum dan Humas, Gondo Utomo. Karena masih pandemi Covid-19 dalam sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan.

“Undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri oleh bapak Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” ujar Gondo Utomo, Senin 18 Mei 2020.

BACA JUGA:   179 Mahasiswa dan Pelajar Kalteng Memperoleh Beasiswa dari Bank Indonesia

Katanya, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag RI akan mengundang peserta dari unsur pimpinan Ormas Islam untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan dan akan disiarkan melalui TVRI.

“Sidang isbat juga memanfaatkan Medsos Kemenag untuk melakukan live streaming,” tutur pria lulusan S2 Ilmu Komunikasi UNS Surakarta ini.

Tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal ramadan lalu. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag. Setelah Magrib, sidang isbat dibuka Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:   Dua Pelaku Pencurian dengan Modus Pecahkan Kaca Mobil Ditangkap Polisi, Satu Orang Tewas

“Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming Medsos Kemenag,” tutupnya. (Hardi/beritasampit.co.id).