1 PDP Asal Kecamatan Pulau Malam Sembuh

DATA LAPORAN : IST/BERITASAMPIT : Gambar data laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Rabu 20 Mei 2020.

KASONGAN – Masyarakat terpapar wabah virus corona atau covid-19 di Kabupaten Katingan, terutama bertatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) setiap harinya mengalami pengurangan.

Pasalnya, ada 1 warga lagi yang dinyatakan sembuh atau negatif covid-19, yaitu berasal dari Kecamatan Pulau Malan. Hal ini berdasarkan, laporan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Bupati Sakariyas, pada Rabu 20 Mei 2020.

Dengan demikian, jumlah warga yang sembuh sampai sekarang ada sebanyak 7 orang warga. Kemudian, untuk kasus warga yang terinfeksi covid-19 masih ada 20 orang dan sampai sekarang tidak ada pengurangan ataupun penambahan.

Dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sampai sekarang ini ada 2 orang, dan status Orang Tanpa Gejala (OTG) ada berjumlah 5 orang, untuk status Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada berjumlah 37 orang, dan terkait kasus meninggal akibat covid-19 tidak ada.

Perlu diketahui, sebelumnya sudah ada 4 orang warga meninggal dunia dengan status sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Katingan, yakni berasal dari Kecamatan Katingan Hilir, Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan Kecamatan Pulau Malan.

Namun, meninggalnya warga berstatus PDP ini, masih belum keluar hasil Swab Test atau hasil pemeriksaan medis untuk memastikan diagnosis infeksi covid-19.

Upaya yang dilakukan gugus tugas, seperti halnya, pihak Camat Katingan Hulu melihat secara langsung kegiatan posko penanggulangan covid-19 di Desa Penda Tenggaring Lama yang di jaga oleh aparat desa dan warga guna antisipasi penyebaran Covid-19, terutama bagi tamu-tamu yang datang dari luar desa.

Pihak Satuan Polisi Pamong Praja bersama 2 anggota TNI dan 1 anggota Polri melakukan kegiatan patroli sinergitas penanganan dampak pandemi covid-19 di Wilayah Kecamatan Katingan Hilir.

Kemudian, di Posko Baun Bango memantau dan memeriksa kendaraan roda 4 (taksi) yang masuk desa Baun Bango pada malam hari. Untuk taksi yang kurang jelas asalnya tidak diperbolehkan masuk desa dan penumpang tujuan ke Baon Bango diturunkan serta diantar oleh petugas posko ke rumah masing-masing.

Pantauan pos jaga Kecamatan Kamipang hari ini, arus lalu lintas yang mengangkut penumpang mulai ramai. Petugas piket di Pos Jaga melakukan pengecekan setiap orang yang lewat dengan cukup ketat.

(Annas/beritasampit.co.id)