Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok di Pasar Sanaman Mantikei Masih Wajar

CEK HARGA SEMBAKO : IST/BERITASAMPIT - Suasana saat anggota Unit II Intelkam saat pengecekan harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional Tumbang Kaman Kecamatan, Sanaman Mantikei.

KASONGAN – Personel Unit II Ekonomi Satuan Intelkam Polres Katingan melakukan pengecekan harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional Tumbang Kaman Kecamatan Sanaman Mantikei, pada Selasa 19 Mei 2020 kemaren.

Hal ini, dilakukan tidak lain untuk memantau jika terjadi gejolak harga menjelang Lebaran, saat hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, SIK melalui Kasat Intelkam Polres Katingan Ipda Febby Dwi Handayani, mengatakan kegiatan sambang yang dilaksanakan oleh Kanit Ekonomi Bripka Redy Hermanto beserta Bripka Agus Sunandar, dan anggota.

Tujuannya untuk mengecek harga dan antisipasi gejolak kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok di pasar-pasar menjelang lebaran serta, mempererat tali silahturahmi dalam mewujudkan perekonomian yang stabil khususnya di wilayah Kabupaten Katingan.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Lakukan Patroli Pengawasan di Bulan Suci Ramadan

“Kami berkoordinasi dengan para pedagang pasar untuk ikut memantau harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional, menjelang Lebaran, dan hasilnya masih wajar serta harga juga masih terjangkau oleh masyarakat,” terang Kasat Intelkam Polres Katingan Ipda Febby Dwi Handayani, lewat rilisnya pada Rabu 20 Mei 2020.

Dirinya menjelaskan, bahwa berdasarkan hasil keterangan Bapak Santoso salah satu pelaku usaha yang berada di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei mengatakan, untuk ketersediaan bahan pokok menyambut hari Raya Idhul Fitri 1441 Hijriah, tidak ada kendala atau dapat terpenuhi.

“Untuk harga barang memang ada kenaikan maupun penurunan dari pihak distributor seperti bawang merah mengalami kenaikan dan gula pasir mengalami penurunan, untuk harga barang lainya masih dalam keadaan normal meskipun masi masa Pandemi covid-19,” ujarnya Bapak Santoso, saat menjelaskan ke anggota.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

Kasat Intelkam Polres Katingan Ipda Febby Dwi Handayani, menambahkan, hari raya kali ini berbeda dari tahun- tahun sebelumnya dikarenakan saat ini sedang dalam keadaan bencana wabah Virus Carona atau Covid-19.

Agar para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan barang sembako atau membatasi jumlah barang yang akan dibeli serta jangan menaikan harga secara sepihak dimana hal terebut dapat mengakibatkan adanya gejolak keberatan dari masyarakat

“Selain mengimbau, kami juga mengajak para pelaku usaha untuk ikut barpartisipasi dalam mencegah penyebaran Virus Carona atau Covid-19 dengan menyediakan tempat cuci tangan, selalu menggunakan masker dan phsycal distancing untuk tetap menjaga jarak,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)