Tambah Lagi 2 Orang Warga Katingan Positif Covid-19, Dirawat di RSUD Murjani Sampit

DATA LAPORAN : IST/BERITASAMPIT : Data Covid-19 laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Kamis 21 Mei 2020.

KASONGAN – Sebelumnya masyarakat terpapar wabah Covid-19 di Kabupaten Katingan, khususnya yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah ada 7 orang yang dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19, sejak Rabu 20 Mei 2020.

Namun, berdasarkan laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Kamis 21 Mei 2020 terjadi penambahan jumlah warga positif Covid-19, yaitu ada 2 orang warga berasal dari Kecamatan Katingan Kuala.

800

Dengan adanya penambahan tersebut, hingga sekarang ini sudah ada 22 orang warga terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Katingan.

“Iya memang benar ada 2 warga yang positif Covid-19 berasal dari Kecamatan Katingan Kuala, dan sudah dalam perawatan di Rumah Sakit Murjani Sampit,” terang Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, kepada beritasampit.co.id.

BACA JUGA:   Terapkan Protokol Kesehatan, Penyaluran BST di Kelurahan Samba Kahayan

Katanya, terkait jumlah PDP sisa 2 orang. Untuk status Orang Tanpa Gejala (OTG) ada berjumlah 5 orang, sementara dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada berjumlah 35 orang.

Untuk diketahui, di Kabupaten Katingan sudah ada 4 orang warga meninggal dunia dengan status PDP), yakni berasal dari Kecamatan Katingan Hilir, Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan Kecamatan Pulau Malan.

Meninggalnya warga berstatus PDP ini, masih belum keluar hasil Swab Test atau hasil pemeriksaan medis untuk memastikan diagnosis infeksi Covid-19.

Sementara itu, Eka Surya Dilaga yang juga Ketua Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan ini, menyampaikam bahwa upaya yang sudah dilakukan, salah satunya, pihak Satuan Polisi Pamong Praja bersama Polres Katingan dan Aparatur Desa Hampalit telah mengimbau dengan tegas kepada warga masyarakat di Pasar Desa Hampalit dan sekitarnya agar patuh dan taat terhadap imbauan-imbauan tentang pencegahan penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:   BRI KCP Katingan Serahkan Bantuan Wastafel dan Paket Sembako Untuk Satgas Covid-19 Katingan

Satuan Polisi Pamong Praja bersama 2 anggota TNI dan 1 anggota Polri melakukan Kegiatan Patroli Sinergitas Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 di Wilayah Kecamatan Katingan Hilir, dengan kondisi aman dan kondusif.

Terkait penanganan dampak, Camat Katingan Hulu menghadiri kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa oleh Pemerintah Desa Dehes Asem Kecamatan Katingan Hulu.

Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Katingan menyalurkan 100 paket sembako dari Pengurus PGRI Kabupaten Katingan ke penjaga sekolah dan guru honor sekolah di wilayah Kecamatan Katingan Hilir. (Annas/beritasampit.co.id).