Inovatif ! Melalui Video Singkat, Camat Bataguh Beri Imbauan Pencegahan Covid-19 kepada Warganya

Imbauan – IST/BERITA SAMPIT - Camat Bataguh Yan Safriansyah

KUALA KAPUAS – Di tengah penyebaran pandemi covid-19 atau corona semua unsur pemerintah pusat hingga tingkat RT terus melakukan upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi virus mematikan ini.

Upaya preventif yang bersifat pencegahan terus dilakukan dari memberikan sosialisasi hingga imbaun mengentai Covid-19, sama halnya dengan salah satu camat di Kabupaten Kapuas yang memilih cara cukup unik memberikan imbau terhadap warganya.

800

Salah satu cara untuk menarik perhatian warganya, Camat Bataguh membuat video singkat berisikan imbauan pencegahan Covid-19. Camat Bataguh Yan Safriansyah mengatakan, video berdurasi 04.09 berisikan materi imbau tentang protokol kesehatan.

“Agar cepat sampai kepada warga, maka saya perintahkan kepada Kades/Lurah beserta RT untuk menyebarkannya melalui media sosial seperti gruop whatsapp dan akun media sosial lainya”  ucapnya kepada Beritasampit.co.id, Sabtu  23 Mei 2020.

Selain itu dalam Videonya, Camat Bataguh meminta masyarakat bisa ikut berpartisipasi aktif dalam membantu Pemerintah Daerah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, supaya tidak ada lagi masyarakat wilayah Kecamatan Bataguh yang terpapar covid-19.

BACA JUGA:   SPBU Patih Rumbih Kapuas Berbagi, Bantu Yatim Piatu, Janda Tua dan Jompo

“Masyarakat harus sadar dan disiplin, selalu menjaga kebersihan baik diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Sebagaimana dengan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan covid-19 dengan cara stay home (bekerja dirumah, belajar dirumah, dan beribadah dirumah), sering mencuci tangan, apabila keluar rumah menggunakan masker, jaga jarak fisik, hindari kerumunan/perkumpulan yang berpotensi terjadinya penularan covid-19. Jaga pola makan, beristirahat yang cukup, berolah raga, jika perlu konsumsi vitamin,” bebernya.

Lebih jauh lagi, Yan Safriansyah juga meminta untuk tidak berkumpul atau mengerahkan massa di tengah pandemi sekarang ini, selain itu aktivitas  seperti di pasar yang  merupakan tempat sentral keramaian, pihahknya meminta bagi penjual dan pembeli wajib menggunakan masker dan jaga jarak fisik.

“Jika merasa sakit segera berobat kepusat kesehatan terdekat, agar segera dapat ditangani,” tuturnya.

Mengenai menyambut Hari Raya Idul fitri 1441 H, ibadah dan silaturrahmi bisa dilakukan di rumah saja, kegembiraan jangan sampaii hilang tetapi tetap terhindar dari covid-19.

BACA JUGA:   Plt Camat Ini Keliling Desa, Mulai Tinjau Posko hingga Berikan Edukasi Pencegahan Covid-19

Kemudian dalam video singkatnya, pria yang baru satu minggu menjabat sebagai Camat Bataguh ini, meminta kepada seluruh Kepala Desa dan Luruh Sekecamatan Bataguh agar bersama RT mendata warga pendatang, yang berasal dari zona merah atau wilayah yang dinyatakan terdapat warganya yang positif covid-19.

“Warga yang sudah terlanjur datang, wajib melakukan isolasi mandisi selama 14 Hari. Dan Segera menghubungi tenaga medis terdekat, untuk dilakukan pemeriksaan pada warga lendatang tersebut,” pungkasnya.

Diakhir videonya, Camat Bataguh mengajak kepada seluruh masyarakat agar berdo’a, supaya wabah covid-19 hilang dari negeri ini.

“Sekarang ini dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari kita semua untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19, selain itu kita juga berdoa semoga wabah pandemi ini cepat berlalu dan aktivitas kembali normal,” tutupnya.

(Fai/beritasampit.co.id)